KPU Kota Palopo Sortir Ulang Surat Suara Rusak untuk Tutupi Kekurangan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, kembali menyortir puluhan ribu surat suara yang telah dianggap rusak.

KPU Kota Palopo Sortir Ulang Surat Suara Rusak untuk Tutupi Kekurangan
KOMPAS.com/AMRAN AMIR
Komisi Pemilihan Umum Kota Palopo mensortir ulang surat suara yang telah dianggap rusak sesuai petunjuk tekhnis KPU RI, Jumat (05/04/2019) 

TRIBUNPALU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, kembali menyortir puluhan ribu surat suara yang telah dianggap rusak.

Penyortiran ini dilakukan sesuai petunjuk teknis yang telah diturunkan KPU RI beberapa hari lalu.

Surat suara yang disortir ulang adalah surat suara yang rusak ringan dan dianggap masih bisa dipakai.

Misalnya, surat suara terkena noda tinta kecil di luar gambar partai peserta pemilu.

Penyortiran ini dilakukan untuk mencukupi kekurangan kebutuhan surat suara pada Pemilu 2019 di Kota Palopo.

Komisioner KPU kota Palopo, Iswandi Ismail mengatakan bahwa sortir ulang surat suara yang rusak tersebut sebelumnya disimpulkan sementara sebagai surat suara rusak sambil menunggu petunjuk teknis dari KPU RI.

“Sortir ulang ini hanya pada 3 jenis surat suara, yaitu surat suara DPR RI, surat suara DPRD provinsi dan surat suara DPRD Palopo yang jumlahnya 29.513 lembar,” kata Iswandi Ismail saat di konfirmasi di ruang kerjanya, Jumat (05/04/2019).

Surat suara yang disortir tersebut masing-masing surat suara DPR RI dapil 3 Sulsel sebanyak 10.422 lembar, surat suara DPRD provinsi dapil 11 sebanyak 13.2017 lembar dan surat suara DPRD kota Palopo dapil 1 sebanyak 2.138 lembar, dapil 2 sebanyak 1.300 lembar dan dapil 3 sebanyak 2.446 lembar.

“Dalam proses sortir tersebut, surat suara yang rusak berat tidak dapat digunakan lagi seperti terdapat noda tinta yang lebar atau besar robek dan warna logo partai buram,” ucapnya.

Penyortiran surat suara ini diawasi ketat oleh Bawaslu Kota Palopo dan aparat Polres Palopo.

Diperkirakan, proses sortir akan berlangsung hingga beberapa hari kemudian dan KPU akan merekap jumlah surat suara yang masih bisa dipakai.

KPU Kota Palopo akan mendistribusikan logistik Pemilu 2019 paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan hari pencoblosan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPU Palopo Sortir Ulang Surat Suara Rusak untuk Tutupi Kekurangan"

Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved