KPU Mamuju Sulawesi Barat Kebut Distribusi Logistik Pemilu ke Wilayah Terpencil

Agar pemilu bisa digelar tepat waktu, KPU Mamuju mulai mendistribusikan logistik pemilu ke wilayah terpencil di Kabupaten Mamuju.

KPU Mamuju Sulawesi Barat Kebut Distribusi Logistik Pemilu ke Wilayah Terpencil
Tribun Timur
Komisi Pemilihan Umum (KPU) 

TRIBUNPALU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju Sulawesi Barat terus berburu waktu yang tersisa sebelum pencoblosan dimulai 17 April 2019 mendatang.

Agar pemilu bisa digelar tepat waktu, KPU Mamuju mulai mendistribusikan logistik pemilu ke wilayah terpencil di Kabupaten Mamuju.

Tak hanya menggunakan angkutan truk, KPU juga terpaksa menyewa kapal nelayan untuk mendistribusikan logistik pemilu ke pulau-pulau terpencil dengan pengawalan ketat aparat TNI-Polri, mulai dari gudang KPU hingga ke lokasi distribusi tujuan.

“KPU terpaksa menyewa kapal nelayan untuk mendistribusikan logistik pemilu terutama ke daerah atau pulau-pulau terpencil agar bisa tiba tepat waktu. Jarak perjalanan normal ke Pulau Bala-Balakang itu bisa sampai 8 jam,” jelas Ketua KPU Mamuju Hamdan Dangkang, Minggu (14/4/2019).

Pendistribusian ke wilayah terpencil, termasuk ke pulau-pulau terpencil diprioritaskan lebih awal oleh KPU, lantaran kondisi medan dan jarak yang cukup jauh.

Agar dokumen pemilu tersebut tidak rusak atau basah, kotak suara dibungkus dengan plastik dan diisolasi sebelum didistribusikan ke lokasi PPK atau PPS.

Untuk memastikan kapal nelayan ini aman untuk digunakan mengangkut logistik pemilu, pihak TNI dan Polri telah melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kapal yang akan digunakan. Selain itu, untuk memastikan logistik pemilu tetap aman dan sampai di tujuan, TNI-Polri juga ikut mengawal pendistribusian logistik pemilu ke Pulau Bala-Balakang dan kawasan terpencil lainnya.

Distribusi logistik pemilu lebih awal dilakukan di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Pulau Bala– Balakang, Kecamatan Bonehau, dan Kecamatan kalumpang.

Ketiga kecamatan ini berada di perbatasan Kabupaten Mamuju dengan kondisi jarak yang cukup jauh.

Ketua KPU Mamuju Hamdan Dangkang menjelaskan, jarak tempuh pendistribusian paling jauh yakni Kecamatan Pulau Bala – Balakang.

Apabila kondisi cuaca membaik, bisa ditempuh dalam waktu enam sampai delapan jam.

Sementara, saat kondisi cuaca buruk jarak tempuh bisa dicapai lebih lama lagi.

Hamdan menambahkan, untuk pendistribusian logistik pemilu ke wilayah terpencil di Kabupaten Mamuju, pihak KPU telah menyiapkan sebanyak tiga truk yang nantinya digunakan untuk mengangkut ribuan logistik pemilu ke berbagai tujuan kecamatan atau PPK dan PPS.

Sementara itu untuk pendistribusian logistik pemilu khusus untuk wilayah yang mudah dijangkau, rencananya KPU akan mendistribusikan pada tahap berikutnya setelah seluruh daerah terpencil dan sulit dijangkau dinyatakan rampung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPU Mamuju Gunakan Kapal Nelayan Distribusikan Logistik Pemilu ke Wilayah Terpencil "

Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved