Peringati May Day, Ratusan Buruh dan Mahasiswa di Makassar Tutup Jalan

Ratusan buruh di Makassar, Sulawesi Selatan, melakukan aksi unjuk rasa untuk memperingati hari buruh sedunia, Rabu (1/5/2019).

Peringati May Day, Ratusan Buruh dan Mahasiswa di Makassar Tutup Jalan
Kompas.com/HIMAWAN
Aliansi Gerak Buruh saat melakukan aksi unjuk rasa untik memperingati hari buruh sedunia, Rabu (1/5/2019). 

TRIBUNPALU.COM - Ratusan buruh di Makassar, Sulawesi Selatan, melakukan aksi unjuk rasa untuk memperingati hari buruh sedunia, Rabu (1/5/2019).

Para buruh pun berkumpul dan memarkir truk besar di bawah jembatan fly over hingga menutup jalan yang menghubungkan Jalan A P Pettarani dan Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar

Hal ini membuat polisi terpaksa melakukan rekayasa lalu lintas.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo mengatakan, ada 1.500 personel kepolisian yang diturunkan dalam peringatan May Day kali ini.

Mahasiswa di Palu Lakukan Aksi Damai Tuntut PP 78/2015 Dicabut

"Personel ini disebar ke beberapa titik di Makassar untuk mengantisipasi kemacetan," kata Wahyu, saat diwawancara awak media. 

Dari pantauan Kompas.com, meski dihadiri ratusan buruh dan mahasiswa, aksi ini tidak berdampak pada kemacetan terutama di Jalan A P Pettarani Makassar dan Jalan Urip Sumoharjo.

Polisi yang dari pagi berjaga mengendalikan situasi arus lalu lintas hingga kemacetan dapat terhindarkan. 

Sementara itu, aksi yang dilakukan para buruh di Makassar ini tergabung dalam Aliansi Gerak Buruh. Aliansi ini menaungi empat serikat pekerja atau buruh yang ada di Kota Makassar. 

May Day, Ratusan Perwakilan Buruh di Palu Gelar Dialog Kesejahteraan Pekerja

Jangan Sampai Salah, May Day dan Mayday Berbeda, Ini Sejarah dan Penggunaannya

"Ada 16 tuntutan yang terkait dengan buruh dalam isu pendidikan dan perempuan yang kami angkat dalam peringatan buruh ini," kata Haidir, Humas Aliansi Gerak Buruh, saat diwawancara di lokasi aksi. 

Haidir menyebut, masih banyak para buruh yang dirugikan di Makassar dengan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2012 tentang Pengupahan.

Halaman
12
Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved