Kemenkes Selidiki Penyakit Misterius di Jeneponto, Gejalanya Mirip Demam Berdarah

Kementerian Kesehatan menerima laporan terkait penyakit misterius yang terjadi di Garonggong, Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto

Kemenkes Selidiki Penyakit Misterius di Jeneponto, Gejalanya Mirip Demam Berdarah
Ikbal/Tribun Jeneponto
Warga Dusun Garanggong, Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Jeneponto terbaring sakit gara-gara penyakit misterius. Saat ini, Kemenkes tengah menyelidiki penyakit tersebut. 

TRIBUNPALU.COM -  Kementerian Kesehatan telah menerima laporan terkait penyakit misterius yang terjadi di Garonggong, Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Direktur Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi meyebutkan terkait kasus yang gejalanya mirip demam berdarah itu saat ini tengah diselediki oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) setempat.

“Sudah ada laporan dan sudah ada tim yang turun dari BTKL Makassar ya, sudah dilakukan pemeriksaan sampel,” kata Nadia kepada Tribunnews.com, Selasa (7/5/2019).

Dari hasil sampel terbaru penyakit misterius ini juga bukan leptospiroris atau kencing tikus, ataupun penyakit lainnya karena nyamuk seperti chikungunya dan zika.

“Tapi bukan leptospirosis, bukan chikungunya dan bukan zika juga. Saat ini kasus tersebut sudah tidak terjadi kembai,” papar Siti Nadia.

Demam yang menjadi gejala awal penyakit misterius ini pun dipastikan sudah tidak terjadi di Kabupaten Jeneponto, namun penyelidikan sampel masih terus dilakukan Dinkes Makassar.

Kemenkes akan melakukan koordinasi dengan Badan Litbang Kemenkes untuk memeriksa sampel jika nantinya kasus ini kembali ditemui.

“Tidak perlu (sampel dibawa ke Jakarta) karena sudah diperiksa di BTKL Makassar. Kami akan koordinasi mungkin ke badanlitbangkes bila masih diperlukan untuk melakukan pemeriksaan sampel selama kasus masih ada,” papar Nadia.

Seperti diberitakan sebelumnya, awalnya 60 warga Jeneponto tiba-tiba mengalami panas mendadak secara bersamaan.

Selain panas, gejala lainnya adalah mual mengigau dan bahkan ada yang tidak sadarkan diri.

Baca juga:

Virus Misterius Sebabkan 4 Warga Jeneponto Sulsel Meninggal, Gejalanya Demam, Mengigau, Mual-mual

11 Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahun 2019 yang Mulai Dibuka Minggu Ini

Sibuk Puasa dan Beribadah, Ini 5 Siasat Sederhana untuk Atasi Kurang Tidur Selama Bulan Ramadan

Ruqyah massal warga Dusun Garonggong, Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, Kamis (2/5/2019). TRIBUN TIMUR/IKBAL NURKARIM
Ruqyah massal warga Dusun Garonggong, Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, Kamis (2/5/2019). TRIBUN TIMUR/IKBAL NURKARIM (Tribun Timur/Ikbal Nurkarim)
Halaman
123
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved