FKUB Sulteng Ajak Umat Beragama Jaga Perdamaian Pasca Pemilu

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah, mengajak umat beragama menjaga perdamaian pasca Pemilu 2019.

FKUB Sulteng Ajak Umat Beragama Jaga Perdamaian Pasca Pemilu
Tribunpalu.com/Abdul Humul Faaiz
Para murid beragama Islam, Katolik, Protestan, Hindu, berpakaian khas agama masing-masing saat deklarasi pemilu damai beberapa waktu lalu. FKUB Sulteng mengajak umat beragama menjaga perdamaian pasca Pemilu 2019. (Tribunpalu.com/Abd Humul Faaiz). 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah, mengajak umat beragama menjaga perdamaian pasca Pemilu 2019.

Seluruh umat beragama di Sulteng diminta bersama-sama menjaga stabilitas keamanan, khususnya di bulan ramadan.

"Iya, FKUB mengeluarkan edaran seruan bersama tentang bersama-sama menjaga stabilitas keamanan pasca pemilu dan di bulan ramadhan," ucap Sekretaris FKUB Sulteng, Muhtadin Dg Mustafa, di Palu, Rabu (8/5/2019).

Jadwal Salat dan Buka Puasa Hari ke-3 Ramadan 1440 H, Rabu (8/5/2019), untuk Kabupaten Banggai

Para murid beragama Islam, Katolik, Protestan, Hindu, berpakaian khas agama masing-masing saat deklarasi pemilu damai beberapa waktu lalu. FKUB Sulteng mengajak umat beragama menjaga perdamaian pasca Pemilu 2019. (Tribunpalu.com/Abd Humul Faaiz).
Para murid beragama Islam, Katolik, Protestan, Hindu, berpakaian khas agama masing-masing saat deklarasi pemilu damai beberapa waktu lalu. FKUB Sulteng mengajak umat beragama menjaga perdamaian pasca Pemilu 2019. (Tribunpalu.com/Abd Humul Faaiz). (Tribunpalu.com/Abdul Humul Faaiz)

Edaran FKUB itu, berbunyi "Dalam rangka bulan suci ramadhan 1440 Hijriah Tahun 2019 dan demi menjaga kehidupan umat beragama dan kehidupan keagamaan yang damai, toleran serta untuk menjaga kehidupan berbangsa dan bernegara yang aman dan tentram pasca pemilu 2019, maka pimpinan majelis agama yang tergabung dalam FKUB Sulteng menyampaiakn seruan.

Pertama, kami mengajak seluruh ummat Islam untuk memanfaatkan kesempatan di bulan suci ramadhan 1440 Hijriah/2019.

Yaitu dengan meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, berupaya bersama-sama meningkatkan ukhuwah islamiyah, menjalin silaturahim, menghindari fitnah dan perpecahan, serta saling memaafkan antarsesama manusia.

Kedua, FKUB mengimbau kepada umat beragama untuk bersama-sama mewujudkan stabilitas keamanan, ketertiban dan situasi yang kondusif, di bulan ramadhan dan pasca pemilu 2019.

Yaitu dengan mengedepankan persamaan sesama umat manusia yang penuh persaudaraan dan tidak melakukan tindakan kekerasan atas nama apapun.

Tidak mudah terhasut dengan isu-isu negatif, dan tidak mudah terprovakasi, oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ketiga, FKUB mengajak seluruh umat beragama untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, berkomitmen terhadap pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

FKUB Juga mengimbau agar senantiasa menahan diri, bersabar dan menunggu keputusan KPU tentang hasil pemilu 2019.

Menghormati lembaga penyelenggara pemilu dibawah amanat perundang-undangan."

BKN Pastikan Tunjangan Hari Raya (THR) PNS dan TNI/Polri Cair 24 Mei 2019, Ini Rinciannya

"Apapun keputusannya dan siapapun yang ditetapkan itulah yang terbaik dan merupakan kemenangan seluruh bangsa Indonesia," tandas Muhtadin. (Tribunpalu.com/Abdul Humul Faaiz)

Penulis: Faiz Sengka
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved