Kabid Humas Polda Sulteng Sebut Kasus yang Jerat Gus Nur Bukan Kriminalisasi Ulama

Didik mejelaskan, proses penyidikan terhadap Gus Nur, merupakan upaya penegakkan hukum yang dilakukan oleh Kepolisian karena adanya laporan masyarakat

Kabid Humas Polda Sulteng Sebut Kasus yang Jerat Gus Nur Bukan Kriminalisasi Ulama
Tribunpalu.com/Abdul Humul Faaiz
Gus Nur saat menjalani pemeriksaan kesehatan di Polda Sulteng, Kamis (9/5/2019). Kasus UU ITE yang menjerat Gus Nur dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Palu.(Tribunpalu.com/Abdul Humul Faaiz). 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Tersangka kasus UU ITE, Sugi Nur Raharja alias Gus Nur alias Cak Nur diserahkan ke Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (9/5/2019).

Pelimpahan kasus tahap II ini dilakukan setelah melalui proses penyelidikan dan penyidikan selama kurang lebih 10 bulan.

Sebelumnya, tersangka tidak memenuhi panggilan pertama karena kegiatan dakwah di luar Sulawesi.

Kamis (9/5/2019), tersangka didampingi oleh pengacara, Chandra Purna Irawan dan Abdi Akbar untuk memenuhi panggilan Penyidik Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Sulteng.

Lapor Balik, Gus Nur Minta Ditahan Satu Sel dengan Pelapornya, Kaharu

Seusai pemeriksaan kesehatan di Ruang Biddokkes Polda Sulteng, Gus Nur dianggap sehat dan layak menghadapi proses hukum selanjutnya.

Sekitar pukul 10.00 Wita Gus Nur serahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang diterima oleh Kasi Pidum Kejari Palu.

Kabid humas Polda Sulteng, AKBP Didik Supranoto menjelaskan, bahwa penyerahan tersangka dan barang bukti perkara Gus Nur untuk memenuhi kewajiban penyidik sebagaimana Pasal 110 ayat 4 KUHAP.

"Setelah menyerahkan berkas perkara tahap I dan hasil penelitian jaksa penuntut umum sudah menyatakan lengkap atau P21, maka tersangka dan barang bukti selanjutnya diserahkan kepada Pihak kejaksaan," katanya.

Gus Nur Resmi Tersangka Pelanggaran UU ITE, Berkas Kasus Dilimpahkan ke Kejari Palu

Didik menjelaskan, barang bukti yang diserahkan, berupa tiga lembar screenshoot channel YouTube Munjiya dan satu buah VCD yang berisi video rekaman.

Meski telah ditetapkan sebagai tersangka, namun tidak dilakukan penahanan terhadap Gus Nur.

Halaman
12
Penulis: Faiz Sengka
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved