Surat Suara 2 Daerah Belum Masuk, Pleno Rekapitulasi KPU Sulawesi Selatan Diperpanjang

KPU Sulsel memperpanjang pleno rekapitulasi penetapan hasil penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat provinsi, karena ada 2 kabupaten yang belum selesai

Surat Suara 2 Daerah Belum Masuk, Pleno Rekapitulasi KPU Sulawesi Selatan Diperpanjang
BANGKA POS/BANGKA POS/RESHA JUHARI
SIMULASI PEMILU 2019 - Warga mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara pemilu 2019 yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang di kawasan Kantor Walikota Pangkalpinang, Selasa (9/4/2019). Dalam pelaksanaan simulasi ini KPU Kota Pangkalpinang menyiapkan 5 jenis surat suara dan kotak suara, yakni surat suara Calon DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, Calon DPRD RI, Calon DPD RI dan Calon Presiden dan Wakil Presiden. BANGKA POS/RESHA JUHARI 

TRIBUNPALU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan memperpanjang tahapan rapat pleno rekapitulasi penetapan hasil penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, karena masih ada dua kabupaten/kota yang belum menyetorkan hasil rekap surat suara

Dua daerah yang belum menyetorkan hasil rekap surat suara tersebut ialah Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

Tahapan pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat provinsi seharusnya berakhir pada Minggu (12/5/2019) kemarin.

Namun karena persoalan rekap kabupaten belum rampung, KPU Sulsel menyurati KPU RI untuk meminta tambahan waktu pleno.

KPU RI memperpanjang rekap di tingkat Provinsi Sulsel hingga Rabu (16/5/2019), tiga hari ke depan.

"Rekap Provinsi Sulsel tetap dilanjutkan sampai tiga hari ke depan. Ini berdasarkan surat balasan dari KPU RI," kata Komisioner Divisi Umum KPU Sulsel Asram Jaya kepada Kompas.com, Senin (13/5/2019).

Asram menambahkan dalam surat balasan KPU RI, KPU Sulsel diminta untuk turun langsung melakukan supervisi dan pendampingan terhadap proses rekapitulasi di Kota Makassar dan Kabupaten Giwa agar proses rekapitulasi di daerah tersebut segera rampung.

"Diinstruksikan untuk melakukan supervisi dan advokasi untuk dua kabupaten kota itu (Gowa dan Makassar). Makanya kita akan supervisi dulu. Supervisinya dalam bentuk membantu proses rekap," imbuhnya. 

Proses rekapitulasi yang dilakukan KPU Sulsel yang dipusatkan di Hotel Harper Makassar, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, telah menyelesaikan  22 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Surat Suara 2 Daerah Belum Masuk, Pleno Rekapitulasi KPU Sulsel Diperpanjang"

Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved