Wali Kota Perintahkan Inspektorat Usut Kasus Perahu Rusak Bantuan dari Pemkot Palu

Wali Kota Palu Hidayat, berang dengan ditemukan bocornya 7 buah perahu bantuan Pemkot Palu untuk korban tsunami di pesisir Teluk Palu.

Wali Kota Perintahkan Inspektorat Usut Kasus Perahu Rusak Bantuan dari Pemkot Palu
TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin
Wali Kota Palu, Hidayat (baju hijau) saat penyerahan bantuan ke 

TRIBUNPALU.COM - Wali Kota Palu Hidayat, berang dengan ditemukan bocornya 7 buah perahu bantuan Pemkot Palu untuk korban tsunami di pesisir Teluk Palu, yakni di Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat.

Ia juga merasa dilecehkan dengan pihak-pihak yang sengaja memanfaatkan bantuan bencana untuk mengeruk keuntungan pribadi.

Rabu (15/5/2019) siang, Hidayat memerintahkan Inspektorat Kota Palu melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan kepada semua pihak yang terlibat dengan pengadaan perahu bantuan nelayan untuk warga nelayan di Kelurahan Lere tersebut.

”Saya sudah perintahkan Inspektorat untuk segera periksa semua pihak yang terlibat dan bertanggung jawab akan bantuan itu, segera mereka ganti itu perahu yang rusak," tegasnya.

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Palu, Didi Bakran, membenarkan pernyataan wali kota tersebut.

Menurutnya pihaknya telah memeriksa semua pihak yang terlibat dalam pengadaan perahu untuk nelayan korban tsunami September 2018 silam.

“Saya sudah perintahkan pihak ketiga yang mengadakan perahu tersebut untuk mengganti semua perahu yang rusak tanpa terkecuali, ini sesuai instruksi pak wali kota ke kami selaku auditor pemkot ” jelasnya.

Diketahui, Pemkot Palu mengadakan 30 Unit Perahu bantuan untuk nelayan Teluk Palu yang terdampak tsunami.

Perahu yang dibagikan ke beberapa kelompok nelayan di pesisir Teluk Palu belakangan ini ditemukan bocor dan tak layak pakai melaut.

Kasus bocornya perahu bantuan ini kemudian menjadi temuan lembaga pengawasan pelayanan publik Ombudsman Perwakilan Provinsi Sulteng.

(TribunPalu.com/Muhakir Tamrin)

Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Imam Saputro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved