Usut Dugaan Kecurangan Pemilu 2019, Bawaslu Sulteng Dukung Pembentukan Tim Pencari Fakta

Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah mendukung langkah Gerakan Daulat Rakyat Sulteng yang meminta membentuk tim pencari fakta.

Usut Dugaan Kecurangan Pemilu 2019, Bawaslu Sulteng Dukung Pembentukan Tim Pencari Fakta
TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin
Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah Ruslan Husen (tengah), saat menyambut masa aksi di depan Kantor Bawaslu Provinsi Sulteng, di Jalan Sungai Moutong, Kota Palu, Jumat (17/5/2019). 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah mendukung langkah Gerakan Daulat Rakyat Sulteng yang meminta membentuk tim pencari fakta.

Puluhan orang yang melakukan aksi dan tergabung dalam Gerakan Daulat Rakyat itu mendatangi Kantor Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah yang terletak di Jalan Sungai Moutong, Kelurahan Ujuna, Kecamatan Palu Barat, Jumat (17/5/2019).

Mereka menuntut adanya tim pencari fakta atas dugaan pelanggaran atau kecurangan Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Sulawesi Tengah Ruslan Husein mengatakan, tim pencari fakta ini diharapkan bisa membuka dugaan kecurangan Pemilu 2019 yang tidak dapat diakomodir oleh Bawaslu Sulteng.

Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah Ruslan Husen (tengah), saat menyambut masa aksi di depan Kantor Bawaslu Provinsi Sulteng, di Jalan Sungai Moutong, Kota Palu, Jumat (17/5/2019).
Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah Ruslan Husen (tengah), saat menyambut masa aksi di depan Kantor Bawaslu Provinsi Sulteng, di Jalan Sungai Moutong, Kota Palu, Jumat (17/5/2019). (TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin)

BACA JUGA:

Puluhan Orang Sampaikan Dokumen Dugaan Kecurangan Pemilu 2019 pada Bawaslu Sulteng

Tulis Status Facebook People Power Bakal Telan 200 Nyawa, Honorer Dinsos Sulawesi Selatan Ditangkap

"Bawaslu RI juga sudah menyatakan dukungan pembentukan tim pencari fakta. Saya pikir tanpa partisipasi rakyat, Pemilu ini tidak berjalan sukses," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ruslan mengimbau kepada masyarakat jika menemukan dugaan pelanggaran Pemilu 2019, bisa segera melapor ke Bawaslu dengan membawa data lengkap kecurangannya.

"Bawa datanya dan segera lapor kepada kami, " Jelasnya.

Untuk sementara ini, Bawaslu Sulteng telah menerima laporan dugaan kecurangan Pemilu 2019 dari Gerakan Berdaulat Rakyat Sulteng.

Laporan tersebut diserahkan langsung kepada Bawaslu Sulteng saat Gerakan Berdaulat Rakyat Sulteng melakukan aksi damai di depan kantor Bawaslu Sulteng.

"Saya akan tindaklanjuti laporan ini kepada Bawaslu RI," terangnya.

(TribunPalu.com/Muhakir Tamrin)

Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved