Seoul di Korea Selatan Resmi Dijadikan Kandidat Tuan Rumah Olimpiade 2032

Seoul, Korea Selatan, resmi diajukan menjadi kandidat tuan rumah dalam kerja sama dengan Korea Utara pada proses bidding tuan rumah Olimpiade 2032.

riotgames.com
Kota Seoul di Korea Selatan resmi diajukan sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade 2032. 

TRIBUNPALU.COM - Kota Seoul, Korea Selatan, resmi diajukan menjadi kandidat tuan rumah dalam kerja sama dengan Korea Utara pada proses bidding tuan rumah Olimpiade 2032.

Pertama kalinya dalam sejarah, Korea Selatan berencana bekerja sama dengan Korea Utara guna menjadi tuan rumah penyelenggara Olimpiade 2032.

Komite Olahraga dan Olimpiade Korea Selatan (Korean Sport & Olympic Committee/KSOC) mengumumkan, ibu kota Negeri Ginseng tersebut secara resmi diajukan menjadi satu di antara kandidat tuan rumah Olimpiade 2032.

Dikutip BolaSport.com dari Yonhap News Agency, sebelum pemungutan suara dilakukan, walikota kedua kota tersebut, Park Won-soon (Seoul) dan Oh Keo-don (Busan), memberikan presentasi di hadapan anggota KSOC, di Pusat Pelatihan Nasional Jincheon, Provinsi Chungcheong Utara, Korea Selatan.

Pada presentasinya, Walikota Park Won-soon menyatakan Seoul adalah pilihan yang logis.

"Olimpiade di Seoul adalah Olimpiade untuk Korea Selatan dan Semenanjung Korea," tutur Park.

Walikota Park menggarisbawahi perihal kedekatan kota Seoul dengan Pyongyang (Korea Utara) dan Bandara Internasional Incheon sebagai pintu gerbang utama Korea Selatan.

Pendapat tersebut juga diperkuat dengan fasilitas yang sudah ada di Seoul yang diklaim dapat lebih menghemat biaya, mengingat estimasi menjadi tuan rumah dapat menelan biaya sebesar 42 triliun rupiah.

Berdasarkan hasil pemungutan suara, Seoul berhasil memperoleh 34 suara dari total 49 suara anggota KSOC, mengalahkan Busan.

Dengan demikian, Korea Selatan berkesempatan menggelar Olimpiade (musim panas) untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya sukses menjadi tuan rumah pada 1988.

Sementara itu, Korea Utara sampai saat ini terpantau belum mengumumkan nama kota di neganya yang akan mendampingi Seoul.

Kota Seoul, Korea Selatan resmi diajukan sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade 2032.
Kota Seoul, Korea Selatan resmi diajukan sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade 2032. (migrationology.com)

Namun, kandidat terkuat datang dari sang ibukota negara, Pyongyang.

Fasilitas dan infrastruktur di kota Pyongyang disinyalir lebih mumpuni untuk menggelar ajang sebesar Olimpiade.

Agenda kedua negara terdekat ialah bertemu dengan Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) pada Jumat (15/2/2019) di kantor pusat IOC di Lausanne, Swiss.

Halaman
12
Sumber: BolaSport.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved