Tekan Konflik, Jokowi Bagikan 5 Ribu Sertifikat Tanah ke Warga Tangerang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 5 ribu sertifikat tanah kepada warga Kabupaten Tangerang, Banten.

Editor: Imam Saputro
Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
Presiden Jokowi saat membagikan sertifikat tanah di Kabupaten Tangerang 

TRIBUNPALU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 5 ribu sertifikat tanah kepada warga Kabupaten Tangerang, Banten. 

Penyerahan sertifikat tersebut dilaksanakan di halaman kantor Bupati Tangerang, Banten, Senin (18/2/201). 

Jokowi menjelaskan, pemerintahan saat ini terus mempercepat penerbitan sertifikat tanah kepada masyarakat, mengingat persoalan konflik tanah kerap terjadi. 

"Setiap saya ke daerah, urusan tanah banyak dikeluhkan rakyat, baik di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, hingga Papua," ujar Jokowi. 

Menurutnya, telah dipegangnya sertifikat tanah oleh masyarakat, maka konflik-konflik sengketa tanah antar warga maupun perusahaan dapat terhindarkan.

Ia pun mengaku, mengaku sudah memerintahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil untuk mempercepat penyerahan sertifikat lewat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sejak 2017 lalu. 

Mantan Gubernur DKI itu pun memberikan target penerbitan sertifikat tanah. Pada 2017 pemberian sertifikat ditargetkan sebanyak 5 juta lembar, kemudian 2018 sebanyak 7 juta sertifikat, sedangkan tahun ini ditargetkan mencetak sekitar 9 juta sertifikat tanah.

"Yang paling penting saya ingin seperti tadi di Kabupaten Tangerang, tadi disampaikan pak menteri, yang janji pak menteri ya, 2023 rampung semua Kabupaten Tangerang," ucapnya Jokowi.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tekan Konflik, Jokowi Bagikan 5 Ribu Sertipikat Tanah ke Warga Tangerang.

Sumber: Tribunnews.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved