Luwu Utara Diguncang Gempa Berkekuatan 4,2 SR, Tak Berpotensi Tsunami

Wilayah Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan diguncang gempa bumi tektonik, Minggu (03/03/2019) hari ini, BMKG menyatakan tidak berpotensi tsunami

Luwu Utara Diguncang Gempa Berkekuatan 4,2 SR, Tak Berpotensi Tsunami
lacity.org
Ilustrasi seismograf gempa bumi. 

TRIBUNPALU.COM- Wilayah Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan diguncang gempa bumi tektonik, Minggu (03/03/2019) hari ini. 

Hasil analisis Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) WIlayah Makassar menyatakan gempa bumi ini berkekuatan M 4.2. Episenter. 

Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Rampi III MMI, Masamba II MMI.

Tapi masyarakat tidak perlu panik, karena dari hasil pengamatan BMKG menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi Tsunami. 

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," Kepala BMKG Joharman BMKG dalam rilisnya. 

Prakirawan BMKG menyebutkan titik letak gempa pada koordinat 2.15 LS dan 120.35 BT. 

Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 06 Km Timur Laut Kecamatan Rampi, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan pada kedalaman 10 km. 

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal, akibat aktivitas Patahan Matano yang berdekatan dengan pusat epicenter.(*)

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Luwu Utara Diguncang Gempa Berkekuatan 4,2 SR, Tak Berpotensi Tsunami

Editor: Imam Saputro
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved