Pembayaran Uang Santunan Jiwa untuk Korban Bencana Sulteng Tidak Sesuai Janji Wapres

Penyaluran dana santunan jiwa bagi korban bencana Sulteng 28 September 2018, ternyata belum diberikan hingga Jumat (22/3/2019).

Pembayaran Uang Santunan Jiwa untuk Korban Bencana Sulteng Tidak Sesuai Janji Wapres
TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin
Kantor Utama BRI Cabang Palu, belum melayani penyaluran dana santunan duka, karena belum ada instruksi dari pemerintah hingga Jumat (22/3/2019) siang. 

TRIBUNPALU.COM, PALU -- Penyaluran dana santunan jiwa bagi korban bencana Sulteng 28 September 2018, ternyata belum diberikan hingga Jumat (22/3/2019).

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulteng, Ridwan Mumu, penyaluran dana santunan jiwa itu paling lambat Jumat tanggal 22 Maret 2019.

Hal itu sesuai dengan arahan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang diterima Gubernur Sulteng, awal pakan lalu.

"Sesuai permintaan Wapres, paling lambat santunan jiwa sudah harus diterima ahli waris Jumat ini," ungkapnya.

FUI Sulteng Gelar Aksi Damai di Depan Kantor DPRD, Jalan Ahmad Yani Jadi Padat Kendaraan

Tetapi, hingga Jumat (22/3/2019) pukul 13.55 Wita, bank yang ditunjuk untuk menyalurkan, belum melayani pengurusan dana santunan jiwa.

"Karena belum ada informasi dari pemerintah, kalau memang sudah ada instruksi menyalurkan (Dana santunan jiwa, red) pasti kita sudah melayani," ujar Satpam Kantor BRI Cabang Utama Palu, Dickson W.

Kantor BRI Cabang Utama Palu itu, berada di Jalan Moh Hatta, Kelurahan Lolu Utara, Kecamatan Palu Timur.

Jika memang sudah ada penyaluran uang santunan jiwa bagi korban, pasti sudah ada arahan dari pimpinan bank di pagi hari.

Selain itu lanjutnya, jika BRI sudah melayani penyaluran dana santunan jiwa pasti di antrean akan sangat panjang.

"Karena saat ini kami juga sedang melayani penyakuran dana bantuan Program Indonesia Pintar untuk pelajar dan mahasiswa yang terdampak bencana," tambahnya.

Forum Umat Islam Sulteng Gelar Aksi Damai, Pintu Gerbang Kantor DPRD Dijaga Tiga Lapis Polisi

Kondisi yang sama juga berlaku di Kantor Utama BNI Cabang Palu, di Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Lolu Utara, Kecamatan Palu Timur.

Bank plat merah itu juga belum melayani penyaluran santunan jiwa bagi korban bencana alam 28 September 2018.

"Saat ini hanya melayani pelajar dan mahasiswa. Kami biasanya menunggu instruksi dari pemerintah," jelas I Putu Nova Edy, Satpam BNI Cabang Palu.

Sementara itu, satu di antara korban bencana 28 September 2018, Ruslin mengungkapkan bahwa sampai Jumat sore, dirinya belum mendapat kabar dari pihak penyalur dana santunan jiwa.

"Sesuai arahan waktu mengurus kelengkapan berkas, katanya nanti kita akan dihubungi oleh petugasnya, jika sudah waktunya penyaluran," terangnya. (TribunPalu.com/Muhakir Tamrin)

Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved