Jelang Pemilu 2019, Tiga Lokasi Ditetapkan Paling Rawan di Kota Palu

Berdasarkan tingkat kerawanan pemilihan umum, Polres Palu telah memetakan tempat pemungutan suara dengan kategori rawan dan sangat rawan.

Jelang Pemilu 2019, Tiga Lokasi Ditetapkan Paling Rawan di Kota Palu
TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin
Anggota kepolisian (kiri) saat mengamankan proses pengiriman logistik pemilu, Senin (15/4/2019). 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Berdasarkan tingkat kerawanan pemilihan umum, Kepolisian Resor (Polres) Palu telah memetakan tempat pemungutan suara dengan kategori rawan dan sangat rawan.

Kapolres Palu, AKBP Mujianto mengatakan, tingkat kerawanan pemilu di Kota Palu saat ini ditetapkan berdasarkan kendala jarak.

Ada tiga TPS yang anggap Sangat Rawan ada di Dusun Salena, Kelurahan Buluri, Dusun Uwentumbu di Kelurahan Kawatuna, dan di wilayah ujung Kecamatan Palu Utara.

Sedangkan lokasi yang masuk kategori Rawan sebanyak 20 TPS, yang tersebar di Kecamatan Palu Barat, Kecamatan Mantikulore, dan Kecamatan Palu Selatan.

"Tapi setelah kami tinjau di sana kendala pertama adalah jalan. Tapi saat ini jalan sudah tembus, kemudian komunikasi kami sudah backup dengan HT atau alat komunikasi dari kepolisian," ujar Mujianto, Senin (15/4/2019).

Tercatat, TPS yang ada di Kota Palu sebanyak 1.075 lokasi, dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 213.957 orang.

Menurut Mujianto, untuk meminimalisir tindak pidana dan menjamin keamanan saat pemilihan, Polres Palu melakukan pengamanan ketat dan melekat pada setiap tahapan pemilu.

Adapun strategi untuk pengamanan, kata Mujianto pihaknya akan melakukan patroli rutin, yang dibagi dalam tiga kategori patroli.

Pertama, patroli kecil di tingkat kelurahan, kemudian patroli sedang dari Polsek, wilayah Polsek ada dua Kecamatan.

Serta patroli skala besar yang menggunakan Patra Tripatra, dalam hal ini dari Sabhara Brimob dan TNI.

Halaman
12
Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved