Laporan Terbaru PBB Sebut Sekitar 1 Juta Spesies di Dunia Terancam Punah Akibat Aktivitas Manusia

Sekitar hampir satu juta spesies di dunia terancam punah akibat aktivitas manusia. Hal ini dilaporkan dalam laporan terbaru PBB.

Laporan Terbaru PBB Sebut Sekitar 1 Juta Spesies di Dunia Terancam Punah Akibat Aktivitas Manusia
gotscience.org
Polusi sampah plastik merupakan satu dari berbagai dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan dan kehidupan satwa liar, di darat maupun di laut. 

TRIBUNPALU.COM - Setiap aktivitas manusia, pasti menimbulkan dampak pada lingkungan, baik secara langsung maupun tak langsung, dalam jangka waktu pendek atau panjang.

Akibatnya, alam sekitar dan flora-fauna juga terdampak.

Sekitar hampir satu juta spesies di dunia terancam punah akibat aktivitas manusia.

Hal ini dilaporkan dalam laporan terbaru PBB.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa Bumi saat ini menjadi rumah bagi sekitar delapan juta spesies yang berbeda, mayoritas dari spesies tersebut adalah serangga.

Seperempat spesies hewan dan tumbuhan yang dikategorikan sudah mengalami penurunan dalam hal jumlah karena dikonsumsi atau diracun.

Penurunan dalam jumlah besar bahkan lebih dramatis, dengan bobot kolektif biomassa mamalia liar turun sebesar 82 persen.

Ilustrasi
Ilustrasi (geek.com)

Mengutip laman metro.co.uk, hilangnya hutan, air minum bersih, hutan bakau, dan serangga penyerbuk menimbulkan dampak yang sangat merusak bagi biodiversitas.

Laporan PBB tersebut memperingatkan, "Kita akan menyaksikan akselerasi yang begitu cepat dalam laju kepunahan spesies secara global."

Laju kepunahan yang terjadi saat ini sudah puluhan hingga ratusan kali lebih tinggi dibandingkan angka rata-rata dalam 10 juta tahun terakhir.

Halaman
123
Penulis: Rizkianingtyas Tiarasari
Editor: Wulan Kurnia Putri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved