Alasan Keamanan, Warga Desa Bangga Diminta Mengungsi ke Desa Tetangga Akibat Banjir

Korban banjir bandang di Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, diminta meninggalkan desa untuk sementara waktu.

Tribunpalu.com/Abdul Humul Faaiz
Kondisi terkini banjir bandang di Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (30/4/2019). Banjir tersebut mengakibatkan 500 unit rumah terendam lumpur. 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Korban banjir bandang di Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, diminta meninggalkan desa untuk sementara waktu.

Imbauan itu disampaikan pemerintah setempat untuk alasan keamanan.

"Bahaya, karena sewaktu-waktu banjir bisa datang lagi, karena curah hujan masih tinggi," kata Camat Dolo Selatan, Jalil, Selasa (30/4/2019) pagi.

Bukan hanya korban banjir, korban gempa bumi yang terjadi pada 28 September 2019 lalu yang mengungsi di wilayah ketinggian Desa Bangga juga diminta pindah ke desa tetangga.

"Wilayah pengungsian itu memang aman, hanya saja kalau banjir bandang lagi, akan sulit dijangkau untuk distribusi bantuan," terangnya.

"Tidak boleh, harus pindah sebenarnya. Kita lihat cuaca cerah pagi, tapi lihat sore nanti pasti hujan," terangnya.

Kondisi terkini banjir bandang di Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (30/4/2019). Banjir tersebut mengakibatkan 500 unit rumah terendam lumpur.
Kondisi terkini banjir bandang di Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (30/4/2019). Banjir tersebut mengakibatkan 500 unit rumah terendam lumpur. (Tribunpalu.com/Abdul Humul Faaiz)

Jalil mengakui bahwa masih ada sebagian warga yang menolak pindah ke Desa Walatana untuk sementara waktu.

Sebab, mereka sudah tujuh bulan bermukim di kawasan tersebut.

Namun, kata dia hal itu dilakukan agar warga bisa aman dari bencana.

"Yang jelas kami upayakan yang terbaik untuk warga kami," pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Faiz Sengka
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved