BMKG: Potensi Hujan Lebat di Beberapa Wilayah Indonesia Sepekan ke Depan, Termasuk Sulawesi Tengah

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan adanya potensi hujan lebat di wilayah Indonesia periode 30 April - 6 Mei 2019.

Warta Kota/henry lopulalan
Ilustrasu hujan lebat. BMKG merilis peringatan terjadinya hujan lebat di Sulawesi Selatan 

TRIBUNPALU.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan adanya potensi hujan lebat di wilayah Indonesia periode 30 April - 6 Mei 2019.

Hal itu dikarenakan pada pantauan kondisi atmosfer terkini, masih terpantau adanya aktivitas MJO (Madden Julian Oscillation) di wilayah Indonesia bagian timur.

Hal tersebut mengakibatkan pembentukan beberapa sirkulasi siklonik diwilayah Laut Sulawesi, Perairan Utara Jawa Timur dan Laut Arafura, serta adanya daerah pertemuan angin dan belokan angin di wilayah Indonesia.

Kondisi tersebut diprakirakan akan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan terutama di wilayah Indonesia bagian timur pada periode akhir bulan April hingga awal Mei 2019.

Adapaun Osilasi Madden–Julian (OMJ) merupakan elemen variabilitas intramusiman terbesar (30 hingga 90 hari) pada kondisi atmosfer tropis.

Osilasi ini merupakan gabungan sirkulasi atmosfer dengan skala besar antara sirkulasi atmosfer dan konveksi dalam pada iklim tropis.

Pola sirkulasi keseluruhan ini mengejawantahkan dirinya dengan jelas sebagai curah hujan yang tidak normal.

Melalui siaran persnya, BMKG menyatakan ada beberapa wilayah yang diperkirakan terkena dampak OMJ ini, termasuk provinsi Sulawesi Selatan.

Sulawesi Selatan juga diharapkan waspada terjadinya angin kencang.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat pada periode 30 April-6 Mei 2019 antara lain:

Halaman
1234
Penulis: Imam Saputro
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved