Tekno

Menkominfo Resmi Fungsikan Kembali Fitur Foto dan Video di Media Sosial

Akun Twitter resmi Kominfo menyatakan bahwa media sosial yang sebelumnya diblokir mulai dibuka terhitung hari ini.

Menkominfo Resmi Fungsikan Kembali Fitur Foto dan Video di Media Sosial
real-agenda.com
Ilustrasi media sosial. Jika digunakan secara berlebihan, media sosial dapat mengakibatkan sembilan gangguan kecemasan ini. 

TRIBUNPALU.COM - Setelah beberapa hari membatasi akses media sosial dan aplikasi perpesanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akhirnya membuka kembali akses tersebut.

"Situasi sudah kondusif sehingga pembatasan akses fitur video & gambar pada media sosial & instant messaging difungsikan kembali," kata Menkominfo Rudiantara dalam pesan tertulis kepada KompasTekno, Sabtu (25/5/2019).

"Antara jam 14.00 - 15.00 WIB sudah bisa normal," lanjuta Rudiantara. Ia pun mengajak semua masyarakat pengguna media sosial, instant messaging maupun video file sharing untuk senantiasa menjaga dunia maya Indonesia digunakan untuk hal-hal yang positif.

"Ayo kita perangi hoaks, fitnah, informasi-informasi yang memprovokasi seperti yang banyak beredar saat kerusuhan," pungkasnya.

Samsung Galaxy A2 Core Dibanderol Rp 1 Jutaan, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Akun Twitter resmi Kominfo juga menyatakan bahwa media sosial yang sebelumnya diblokir mulai dibuka terhitung hari ini.

Menurut Plt. Kepala Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, pembatasan akses itu telah dibuka terhitung pukul 13.00 WIB. "Iya, jam 13.00 siang ini," kata Nando kepada KompasTekno.

Media sosial Facebook, Instagram dan WhatsApp sempat dibatasi aksesnya di Indonesia, demi menekan kabar hoaks yang beredar pasca-kerusuhan 22 Mei kemarin yang membuat situasi semakin panas.

Kominfo tidak membatasi seluruh akses ke media sosial, melainkan hanya beberapa fitur saja yang rawan disalahgunakan, yakni berbagi foto dan video.

YLKI Sebut Pembatasan Medsos Langgar Hak-Hak Publik

WhatsApp dibatasi tidak bisa mengirim dan menerima foto dan video.

Facebook dan Instagram juga mendapat perlakuan yang sama.

Sebelumnya, menurut Menteri Komunikasi dan Informatika,Rudiantara, pemblokiran ini akan kembali dibuka jika situasi sudah kondusif.

Itu pun bergantung pada instruksi pihak keamanan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkominfo: Fitur Foto dan Video di Media Sosial Difungsikan Kembali", 

Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved