Bisnis dan Ekonomi

Media Internasional Bahas Peluang Unicorn di Indonesia, Forbes Beri Gelar 'Macan Baru Asia Tenggara'

Forbes, majalah bisnis bergengsi di Amerika Serikat nobatkan Indonesia sebagai Macan Baru Asia Tenggara berkat peran e-commerce dan startup fintech.

Media Internasional Bahas Peluang Unicorn di Indonesia, Forbes Beri Gelar 'Macan Baru Asia Tenggara'
indonesiainside.id via kompasiana.com
Unicorn antarkan Indonesia rebut gelar Macan Baru Asia Tenggara. 

TRIBUNPALU.COM - Sebuah majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat, Forbes belum lama memberitakan keadaan ekonomi Indonesia dalam salah satu artikelnya.

Artikel dengan judul "Indonesia: The New Tiger of Southeast Asia" tersebut terbit pada 14 Mei 2019.

Dalam awal pembahasan, Forbes menyebutkan predikat 'macan' dijadikan sebagai julukan bagi negara-negara Asia Tenggara yang ekonominya bertumbuh pesat.

Indonesia pun dipandang mirip dengan ekonomi Hong Kong, Singapura, Korea Selatan, dan Taiwan yang lebih dulu mendapat julukan macan ekonomi Asia beberapa dekade yang lalu.

Julukan tersebut diraih oleh negara tetangga berkat industrialiasi yang melesat, perdagangan, dan perkembangan finansial yang membawa ke pertumbuhan berkelanjutan bertaraf tinggi.

Sementara, hal tersebut pun selaras dengan kondisi ekonomi yang sedang terjadi di Indonesia, terutama berkat e-commerce atau ekonomi digital.

Alasan yang diberikan Forbes terkait julukan Indonesia sebagai Macan Baru Asia Tenggara, yakni jumlah penduduk sebanyak 265 juta orang memiliki peluang besar untuk merebut gelar macan dengan memanfaatkan naiknya pertumbuhan seluler.

Pilpres 2019 Indonesia jadi Sorotan Media Asing, dari Klaim Prabowo hingga Pengumuman oleh KPU

Tak hanya itu, Forbes juga memberikan fakta-fakta menakjubkan tentang Indonesia:

1. Sebagai negara yang dianggap masih 'muda'. Usia rata-rata penduduk Indonesia berada di kisaran 29 tahun dengan 60% dari populasi berusia 40 tahun atau di bawahnya.

2. Indonesia dianggap sebagai salah satu negara yang paling banyak pengguna telepon selulernya (ponsel) di dunia. Dari 150 juta pengguna internet di Indonesia, 95% atau 142 juta memiliki ponsel.

Halaman
1234
Penulis: Isti Tri Prasetyo
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved