Menlu RI Sebut 40 Negara dan 3 Organisasi Internasional Ucapkan Selamat kepada Joko Widodo

Tercatat sampai dengan hari ini, Senin (27/5/2019) ada 40 negara dan 3 organisasi internasional yang mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo.

Dok. Humas Kementerian Luar Negeri
Menlu RI Retno Marsudi memimpin debat terbuka Dewan Keamanan PBB (DK PBB )dengan tema Menabur Benih Perdamaian: Meningkatkan Keselamatan dan Kinerja Misi Pemeliharaan Perdamaian (MPP) PBB? di Markas PBB di New York, Rabu (7/5/19) 

TRIBUNPALU.COM - ‎Tercatat sampai dengan hari ini, Senin (27/5/2019) ada 40 negara dan 3 organisasi internasional yang mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo.

Ucapan ini diberikan atas keberhasilan Indonesia menyelenggarakan Pemilu Serentak 2019 hingga KPU mengumumkan dan menetapkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019, pada 21 Mei lalu.

"‎Saat pengumuman dilakukan, sejumlah kepala negara menyampaikan ucapan selamat kepada bapak presiden. Per hari ini sudah ada 40 negara plus 3 organisasi internasional yang menyampaikan ucapan selamat," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Senin (27/5/2019) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Calon presiden 01 Joko Widodo didamping KH Ma'ruf Amin, bersyukur dan berterima kasih atas pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Saksikan warga Kampung Deret Johar Baru. Jakarta, Selasa (21/5/2019) Hasil rekapitulasi suara menetapkan pasangan calon 01 Jokowi-Ma'ruf sebagai peraih suara terbanyak mencapai 55,5 persen. (Presidential Palace/Agus Suparto)
Calon presiden 01 Joko Widodo didamping KH Ma'ruf Amin, bersyukur dan berterima kasih atas pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Saksikan warga Kampung Deret Johar Baru. Jakarta, Selasa (21/5/2019) Hasil rekapitulasi suara menetapkan pasangan calon 01 Jokowi-Ma'ruf sebagai peraih suara terbanyak mencapai 55,5 persen. (Presidential Palace/Agus Suparto) (Presidential Palace/Agus Suparto)

Retno melanjutkan sejumlah pimpinan negara sahabat tersebut mengucapkan selamat kepada Jokowi dengan berbagai cara, baik melalui unggahan di akun Twitter masing-masing, melalui sambung telepon, hingga saluran diplomat.

Teranyar, ucap Retno, Kepala Negara yang mengucapkan selamat melalui telepon adalah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Presiden Timor Leste Francisco Guterres.

"Kemudian Trump juga sudah bersurat, PM Inggris juga menelepon ingin bertemu Bapak (Jokowi)," singkatnya.

Retno memprediksi ucapan selamat dari pemimpin negara sahabat akan terus bertambah. Retno meyakini masih banyak pemimpin negara sahabat yang ingin menggunakan saluran diplomatik untuk mengucapkan selamat kepada Jokowi yang unggul di Pilpres 2019.

"Saya perkirakan, setiap hari akan bertembah, karena melalui surat-surat diplomatik itu masih terus ada," imbuhnya.

Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) menggunakan hak pilihnya di TPS 008, Gambir, Jakarta, Rabu (17/4/2019). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) menggunakan hak pilihnya di TPS 008, Gambir, Jakarta, Rabu (17/4/2019). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Terakhir kata Retno, selain ucapan selamat, pemimpin negara sahabat juga mengapresiasi pelaksanaan pemilu di Indonesia.

Menurutnya, selepas pencoblosan 17 April, para pemimpin negara sahabat menyampaikan apresiasi pesta demokrasi lima tahunan berjalan demokratis.

(Tribunnews.com/Theresia Felisiani)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Total 40 Negara dan 3 Organisasi Internasional Ucapkan Selamat ke Jokowi

Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved