Lebaran 2019

Puncak Arus Balik di Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu Diperkirakan Terjadi Tanggal 15-20 Juni 2019

Puncak arus balik mudik lebaran tahun 2019, melalui transportasi laut yang tiba di Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu diperkirakan terjadi minggu ini

Puncak Arus Balik di Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu Diperkirakan Terjadi Tanggal 15-20 Juni 2019
TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin
Sejumlah peserta mudik gratis saat menunggu pemberangkatan di depan Kantor DPW Partai Nasdem Sulteng, Sabtu (1/6/2019) sore. 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Puncak arus balik mudik lebaran tahun 2019, melalui transportasi laut yang tiba di Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, diperkirakan terjadi minggu ini.

Hal tersebut, di ungkapkan Kapolsek KP3 Pantoloan, Ipda I Ketut Sugiarta, saat dihubungi, Kamis (13/6/2019) siang.

Sebab kata Sugiarta, sekitar tanggal 15-20 Juni ini, dijadwalkan ada kapal yang masuk dan perkiraan puncaknya arus balik mudik Lebaran terjadi di waktu itu.

"Untuk pengamanan perkiraan puncak arus balik lebaran itu, kami telah siap dan telah menempatkan personel bersama pihak terkait di Pelabuhan," ujarnya.

Khawatir Budaya Hilang, APDP Tentang Reklamasi dan Pengerukan Dasar Sungai Danau Poso

Ipda I Ketut Sugiarta juga mengungkapkan, untuk pengamanan arus balik lebaran di wilayah Pelabuhan Pantoloan, pihaknya menyediakan pos terpadu yang terdiri dari instansi gabungan, dari dinas kesehatan, Airud, dari TNI serta pihak terkait lainnya yang siap melaksanakan pengamanan.

"Selain melakukan pengamanan, pihaknya juga membantu masyarakat yang turun maupun naik kapal, demi kelancaran dan memudah masyarakat yang melakukan perjalanan mengunakan jasa transportasi laut di wilayah itu," jelasnya.

Dia juga menambahkan, bahwa pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap orang maupun barang penumpang, dengan sasaran sajam, handak, miras, narkoba, jamret, parkir liar, percaloan, barang bawaan dan barang ilegal lainnya.

Sidang Gus Nur di PN Surabaya Ricuh, Banser dan FPI Sempat Saling Dorong

Hal tersebut, guna untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang mengunakan jasa transportasi laut libur lebaran melalui Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu itu.

Terpantau Selama lebaran ini berjalan aman dan lancar, hasil giat nihil. Hal-hal menonjol nihil situasi aman terkendali.

Kapolsek KP3 Pantoloan Ipda I Ketut Sugiarta (kiri), saat memberikan keterangan di Mapolres Palu, Kamis (13/6/2019).
Kapolsek KP3 Pantoloan Ipda I Ketut Sugiarta (kiri), saat memberikan keterangan di Mapolres Palu, Kamis (13/6/2019). (DOK POLRES PALU)

"kita memang kerja keras untuk menekan supaya tidak terjadinya tindak kejahatan," katanya.

Kapolsek KP3 Pantoloan itu juga menjelaskan, bahwa selama lebaran ini sudah ribuan penumpang yang tiba maupun berangkat di pelabuhan Pantoloan, mengunakan dua kapal KM Labobar rute Palu, Tarakan, Balikpan dan Surabaya, Jawa Timur, maupun Kapal KM Lambelu.

Dari dua kapal itu tercatat, untuk kapal KM Labobar penumpang turun 225 orang, naik 903 orang dan lanjutan 607 orang dan kapal KM Lambelu penumpang turun 1814 orang, naik 259 orang dan lanjutan 803 orang.

"Ada lagi beberapa ratus penumpang yang turun maupun naik beberapa hari lalu. Intinya, selama lebaran sudah ada ribuan masyarakat yang turun maupun naik melalui pelabuhan Pantoloan berlebaran," terangnya.

(TribunPalu.com/Muhakir Tamrin)

Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved