Ratusan Banser Kawal Sidang Lanjutan Ujaran Kebencian Gus Nur di PN Surabaya

Ratusan Banser mengawal sidang lanjutan kasus dugaan ujaran kebencian yang dilakukan Gus Nur di Pengadilan Negeri Surabaya

Ratusan Banser Kawal Sidang Lanjutan Ujaran Kebencian Gus Nur di PN Surabaya
surabaya.tribunnews.com/samsul arifin
Sugi Nur Raharja alias Gus Nur (paling kiri) sebelum menjalani sidang atas kasus dugaan ujaran kebencian di PN Surabaya, Kamis, (13/6/2019) 

TRIBUNPALU.COM  - Sidang lanjutan kasus dugaan ujaran kebencian yang dilakukan oleh Sugi Nur Raharja alias Gus Nur kembali digelar di Pengadilan Negeri Surabaya.

Kali ini, sidang yang sejatinya digelar pada pagi hari sekitar pukul 10.00 WIB ditunda hingga siang hari sekitar pukul 13.00 WIB.

Gus Nur dikawal oleh tujuh pengacaranya. Sedangkan, dari sisi kiri bangku kuasa hukumnya, empat JPU turut mengawal jalannya sidang.

Dua kubu dari FPI dan Banser turut serta mengawal sidang tersebut.

Reza Ali Faizin, Komandan Banser Sidoarjo, sekaligus korlap aksi mengatakan ada tiga saksi perwakilan dari pihak Banser dan Ansor Jatim.

Dia menjelaskan, massa dari pihaknya ini hanya mengawal dua Kyai yang menjadi saksi dalam kasus ini.

"Salah satunya saksi dari Ansor Sidoarjo, lalu dua Kyai dari PWNU Jatim, maka kami bertugas mengawal dan mendampingi beliau-beliau hingga selesai," terangnya, Kamis, (13/6/2019).

Dua kyai yang dimaksud ialah Kyai Nuruddin dan Kyai Ma'ruf Syah.

Reza mengaku meski terdapat pihak lain yang turut mengawal sidang ini, dia menegaskan sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan, hanya untuk mendampingi Kyai-kyai tersebut.

"Dimana para kyai ini adalah simbol daripada Nahdlatul Ulama. Sehingga jelas dalam komitmen kami menjaga kedamaian di PN Surabaya," ujarnya.

Terdapat 300 lebih anggota dari massa Banser dan Ansor yang memadati PN Surabaya.

Dari Sidoarjo terdapat 140 anggota sedangkan Surabaya ada 130 anggota juga tambahan dari Mojokerto.

Reza mengaku akan terus mengawal sidang tersebut hingga usai. Menurutnya, kasus ini mengandung unsur penghinaan sehingga dia akan menyerahkan seluruhnya di jalur hukum.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Ratusan Banser Kawal Sidang Lanjutan Ujaran Kebencian Gus Nur: Kawal Kyai & Anshor Jadi Saksi Sidang

Editor: Imam Saputro
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved