Tekno

Siap-siap! Bisa Jadi Kominfo Bakal Terapkan Pembatasan Akses Sosmed Lagi saat Sidang MK Besok

Jelang sidang MK, Kominfo berpeluang lakukan pembatasan akses media sosial lagi jika suasana setelah sidang tidak kondusif dan membahayakan bangsa.

Siap-siap! Bisa Jadi Kominfo Bakal Terapkan Pembatasan Akses Sosmed Lagi saat Sidang MK Besok
Kolase SURYAMALANG
Pembatasan akses media sosial oleh Kominfo kemungkinan diterapkan lagi saat sidang sengketa gugatan BPN ke MK, besok Jumat (14/6/2019). 

TRIBUNPALU.COM - Terkait permohonan sengketa Pilpres 2019 yang diajukan Prabowo-Sandi, Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang perdananya pada Jumat (14/6/2019) besok.

Menyikapi hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kemungkinan kembali menerapkan pembatasan akses media sosial guna mengantisipasi tekanan penyebaran hoaks jika situasi kembali menanas dan tidak kondusif.

Dikutip TribunPalu.com dari Kompas.com, hal tersebut diungkapkan oleh Plt. Kepala Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu.

Menurutnya, pihak Kominfo akan melihat terlebih dahulu seperti apa peningkatan jumlah berita hoaks yang beredar melalui media sosial pada besok hingga pengumuman keputusan sidang.

Ferdinandus Setu juga mengatakan, pembatasan akses ke media sosial dapat kembali dilakukan jika penyebaran pesan bernada hasutan meningkat dan disertai adanya kejadian yang membahayakan bangsa.

"Situasional dan kondisional. Jika eskalasi berita hoaks dan hasutan meningkat sangat luar biasa disertai dengan kejadian di sekitar MK yang membahayakan keutuhan NKRI," ungkap Ferdinandus seperti dikutip KompasTekno.com pada Kamis (13/6/2019).

Sosmed Down, Warganet Ramai Sarankan VPN, Tapi Simak Dulu Bahayanya Beserta Trik WhatsApp Anti Lemot

Pembatasan akses media sosial yang akan dilakukan ini serupa dengan langkah Kominfo sebelumnya saat situasi memanas pascapemilu pada kericuhan yang terjadi pad 21 dan 22 Mei lalu.

Kominfo akan kembali membatasi sejumlah fitur pada media sosial dan layanan pesan singkat WhatsApp, seperti mengirimkan dan menerima gambar, sehingga bukan memblokir akses media sepenuhnya.

Selain itu, Kominfo pun sempat mengimbau agar pengguna smartphone tidak lagi menggunakan VPN karena dapat membahayakan data pengguna.

Sebelumnya, Kominfo berhasil menekan penyebaran hoaks melalui langkah pembatasan akses media sosial ini.

Halaman
123
Penulis: Isti Tri Prasetyo
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved