Setelah Beredar Foto Dirinya Jalan-jalan, Setya Novanto Dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur

Setya Novanto dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur Kabupaten Bogor, menyusul beredarnya foto Setnov jalan-jalan ke toko bangunan.

Setelah Beredar Foto Dirinya Jalan-jalan, Setya Novanto Dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur
Istimewa/TRIBUNNEWS
Satu foto orang diduga Setya Novanto berkeliaran di Padalarang, Bandung Barat, padahal mantan Ketua DPR tersebut seharusnya berobat di rumah sakit Sentosa. 

TRIBUNPALU.COM - Terpidana korupsi KTP elektronik, Setya Novanto dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur Kabupaten Bogor, menyusul beredarnya foto Setnov panggilan akrabnya, jalan-jalan ke toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Baratpada Jumat (14/6/2019).

‎"Malam ini Setya Novanto dipindah ke Lapas Gunung Sindur supaya pengamanannya super maksimum karena menurut saya ini perlu dilakukan. Di Lapas Gunung Sindur pengamanan ekstra ketat, mayoritas warga binaan kasus terorisme," ujar Kakanwil Kemenkum HAM Jabar, Liberty Sitinjak di Lapas Sukamiskin Bandung, Jalan AH Nasution, Jumat (14/6/2019). 

Untuk diketahui Lapas Gunungsindur, Kabupaten Bogor merupakan tahanan khusus bagi narapidana kelas kakap untuk kasus teroris, bandar narkoba, dan kasus korupsi, dengan sistem tingkat pengamanan sangat ketat atau Super Maximum Security.

Liberty Sitinjak tidak memungkiri pemindahan Setnov ke Lapas Gunung Sindur berkaitan dengan beredarnya foto Setnov bersama istrinya di toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat pada hari Jumat.

Namun, ia membantah pemindahan tersebut terkait dengan akumulasi dari kejadian-kejadian sebelumnya seperti berada di rest area KM 97 dan berada di RM Padang di RSPAD Gatot Soebroto.

"Pemindahan murni karena kejadian hari ini. Itu yang mendasari keputusan saya malam ini," ujar dia.

Setnov izin keluar Lapas Sukamiskin pada 12 Juni untuk berobat rawat inap di RS Santosa Bandung dan baru kembali pada Jumat (14/6) sekitar pukul 19.00 WIB.

Setibanya di Lapas Sukamiskin, pihak Lapas Sukamiskin bersama Kanwil Kemenkum HAM Jabar langsung memeriksa Setnov.

"Dia tiba malam ini pukul 19.00. Langsung kami periksa, di BAP. Enggak perlu menunggu BAP selesai, kami langsung pindahkan ke Lapas Gunung Sindur, pemeriksaan bisa dilanjut di sana," kata Liberty Sitinjak.

Pantauan Tribun Jabar, Jumat (14/6/2019), Setnov keluar dari sel sekitar pukul 22.30 WIB.

Tidak banyak barang bawaan yang ia bawa.

Tampak seorang petugas hanya membawa satu tas jinjing dan langsung masuk ke mobil ambulans Lapas Sukamiskin.

(Tribun Jabar/Mega Nugraha) 

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul BREAKING NEWS- Buntut Pelesiran ke Bandung Barat, Setya Novanto Dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur

Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved