Begini Tiga Tahap Pengkaderan Mahasiswa Baru di IAIN Palu Tahun 2019

Mahad Aljamiah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah menjadi pusat atau tempat basis pengkaderan mahasiswa baru.

Humas IAIN Palu
Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Palu, Abidin Djafar. 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Mahad Aljamiah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah menjadi pusat atau tempat basis pengkaderan mahasiswa baru.

Hal itu dilakukan untuk menjadikan calon intelektual muslim yang moderat oleh perguruan tinggi keagamaan Islam negeri tersebut.

"Mahad Aljamiah, menjadi central pusat pengkaderan intelektual muslim yang berkompoten, bermutu, dan moderat," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu, Dr Abidin Djafar, di ruang kerjanya, Selasa (18/6/2019).

Mahad Aljamiah, merupakan satu di antara lembaga yang dimiliki oleh IAIN Palu dan diakui oleh negara lewat Kementerian Agama RI untuk menunjang pembentukan kompotensi, daya saing akademik mahasiswa.

IAIN Palu Turunkan Mahasiswa KKN di Wilayah Terpencil Donggala

Mahad Aljamiah yang menyatu dengan rusunawa IAIN Palu di Kelurahan Tipo Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, kata Abidin menjadi pondok pesantrennya PTKIN IAIN Palu.

Di tempat itu, sebut Abidin, IAIN Palu akan menggodok mahasiswa baru tahun 2019 yang mendaftar dari tiga jalur instrumen pendaftaran meliputi SPAN, UMPTKIN dan mandiri.

"Pendekatan pembinaan dan pengkaderan memadukan konsep modern, akademik dan pesantren," ujarnya.

Hal ini karena rusunawa dan Mahad Aljamiah adalah pesantrennya perguruan tinggi Islam negeri itu.

Mahasiswa KKN dari IAIN Bakal Mengabdi di Daerah Terpencil Kabupaten Donggala

Mahasiswa baru tahun 2019, sebelum mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), harus mengikuti proses pembinaan di Mahad Aljamiah.

Materi yang dipelajari meliputi pengenalan dan peningkatan pemahaman Islam Wasathiyah (Islam moderat).

Halaman
12
Penulis: Faiz Sengka
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved