KBG Pasca Bencana Cenderung Naik, Ditengarai Pemicunya Stres dan Tekanan Ekonomi

Staf Ahli Gubernur Provinsi Sulteng, Bidang Pemerintahan dan Kesra, Hj. Sitti Norma Mardjanu, menjelaskan KBG pada situasi bencana cenderung naik.

KBG Pasca Bencana Cenderung Naik, Ditengarai Pemicunya Stres dan Tekanan Ekonomi
DOK HUMAS PEMPROV SULTENG
Staf Ahli Gubernur Provinsi Sulteng, Bidang Pemerintahan dan Kesra Hj. Sitti Norma Mardjanu, saat membuka Rakor Perlindungan Perempuan dan Anak Dalam Bencana Tahun 2019, di Kota Palu, Provinsi Sulteng, Selasa(18/6/2019) siang. 

TRIBUNPALU.COM, PALU -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) melaksanakan rapat koordinasi perlindungan perempuan dan anak dalam bencana tahun 2019, di Kota Palu, Provinsi Sulteng, Selasa (18/6/2019) siang.

Dalam rapat koordinasi itu, Staf Ahli Gubernur Provinsi Sulteng, Bidang Pemerintahan dan Kesra, Hj. Sitti Norma Mardjanu, menjelaskan bahwa Kekerasan Berbasis Gender (KBG) pada situasi bencana cenderung naik.

"Hal itu ditengarai pemicunya disebabkan oleh stres dan tekanan ekonomi," ujarnya.

Selain itu, kata Norma sapaannya, pengaturan tenda yang tidak tepat, distribusi logistik yang tidak melihat kelompok rentan, sampai penempatan toilet dan fasilitas umum yang kurang aman, adalah sejumlah celah yang membuat rentannya kasus KBG ditemui di lokasi pengungsian.

Diketahui, bencana alam gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi pada 28 September 2018, mengakibatkan sekitar 70 ribu jiwa mengungsi sampai saat ini.

Mereka tersebar di Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala.

Karenanya, tegas Norma, institusi yang bergabung dalam subklaster perlindungan hak perempuan dari KBG mesti memantapkan koordinasi kerja.

Hal itu untuk mencegah dan menangani KBG khususnya di wilayah Palu, Sigi dan Donggala yang terpapar bencana 28 September 2018 lalu.

Pendekatan multisektoral dianjurkan staf ahli untuk menekan KBG pada situasi bencana.

"Saya harap pula momentum bangkit, membangun kembali dapat terus dipertahankan guna menggapai kemakmuran," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved