Potensi Pasar Digital Besar, 10 Star Up Asal Sulteng Dapat Dukungan Pemerintah Provinsi

Sebanyak 10 perusahaan pemula bisnis digital atau 'star up', diberi bimbingan teknis (bimtek) teknologi informasi, Kamis (29/6/2019) siang.

Potensi Pasar Digital Besar, 10 Star Up Asal Sulteng Dapat Dukungan Pemerintah Provinsi
DOK DINAS PERINDAG SULTENG
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulteng menggelar bimbingan teknis teknologi informasi bagi 10 Star Up, Kamis (29/6/2019) siang. 

TRIBUNPALU.COM, PALU -- Sebanyak 10 perusahaan pemula bisnis digital atau 'star up', diberi bimbingan teknis (bimtek) teknologi informasi, Kamis (29/6/2019) siang.

Bimtek itu dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Provinsi Sulteng, karena melihat potensi industri digital di era saat ini yang sangat besar pertumbuhannya.

Kepala Bidang Fasilitasi Informasi Industri Perindag Sulteng, Irwansyah mengatakan, pesatnya pertumbuhan industri digital itu, karena sebagian besar pelakunya para anak muda yang memiliki semangat tinggi dan jiwa kreatif serta inovatif.

"Hampir sebagian besar usaha yang didirikan oleh mereka sukses dan bahkan menjadi motor penggerak perekonomian saat ini," jelasnya.

Potensi pengguna intemet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu peluang untuk mendirikan sebuah Start up.

Menurutnya, Provinsi Sulteng memiliki potensi sebagai daerah industri, termasuk industri kreatif digital.

Potensi utama pasar sangat besar karena ada populasi sekitar 2,87 juta jiwa penduduk Sulawesi Tengah.

Selain itu kata dia, masih banyak potensi yang bisa dimanfaatkan oleh industri kreatif digital, tinggal bagaimana membangun kompetensi dan ekosistem yang mendukung.

Saat ini, yang menjadi tantangan terberat adalah banyak talent atau sumber daya manusia (SDM), yang telah tamat dari perguruan tinggi khususnya dan memiliki pengetahuan di bidang Tekonologi Informasi menganggur.

"Untuk itu mari kita dorong pertumbuhan industri digital ini di Wilayah kita dengan kolaborasi antar stakeholder terkait seperti akademisi, pelaku bisnis, komunitas, media, dan peran dari pemerintah," terangnya.

Apalagi kata dia, saat ini Pemerintah Provinsi Sulteng sudah memiliki Inkubator Bisnis Teknologi Informasi Maelo Techno Center Sulawesi Tengah yang dibentuk pada tahun 2013.

Inkubator Bisnis itu sudah melahirkan beberapa Start Up yang menjadi cikal bakal untuk mendukung ekosistem industri kreatif digital di daerah ini.

Lembaga Inkubator Bisnis Teknologi Informasi berperan sangat penting.

"Karena pada umumnya perusahaan pemula sangat retan terhadap kegagalan atau kebangrutan terutama di fase awal pendirian," pungkasnya. (TribunPalu.com/Muhakir Tamrin)

Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved