Terkini Sulteng

Sistem Samsat 'Samolnas' Diklaim Bisa Mempercepat Pelayanan Samsat di Sulteng

"Dengan sistem online diharapkan dapat memudahkan pelayanan pembayaran, kapan saja tanpa harus datang ke kantor Samsat," ujar Kombes Iwan Setiawan.

Sistem Samsat 'Samolnas' Diklaim Bisa Mempercepat Pelayanan Samsat di Sulteng
DOK HUMAS PEMPROV SULTENG
Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Moh Hidayat Lamakarate (dua dari kiri), menghadiri Rapat Tim Pembina Samsat dan Sosialisasi Samolnas di Wilayah Sulteng, Senin (24/6/2019). 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Moh Hidayat Lamakarate, membuka Rapat Tim Pembina Samsat dan Sosialisasi Samsat Online Nasional (Samolnas) oleh Tim Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri di Wilayah Sulteng, Senin (24/6/2019).

Dalam sambutannya, Sekdaprov Hidayat Lamakarate yang juga Ketua Umum Tim Pembina Samsat menjelaskan, sistem Samolnas diberlakukan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, Samolnas juga diharapkan bisa menjadi satu upaya dalam meningkatkan pelayanan asli daerah.

Lebih lanjut Sekdaprov Hidayat Lamakarate mengakui, saat rapat dengan pihak DPRD Sulteng, terkadang pihaknya melalui Dinas Pendapatan mendapat kritikan.

Kritik tersebut didasari oleh pendapatan kendaraan bermotor yang kecil, sementara kalau dilihat volume kendaraan bermotor di Palu cukup tinggi

Mencermati hal tersebut, Hidayat Lamakarate menilai masih banyak kendaraan bermotor di Kota Palu yang menggunakan plat kendaraan dari luar daerah

Masalah Air Bersih dan Lapangan Kerja Jadi Keluhan Pengungsi di Huntara Petobo

"Kalau kita lihat masih banyak kendaraan di Kota Palu yang tidak menggunakan plat DN. Inilah yang perlu ditertibkan,' ujarnya.

Menyikapi sistem pelayanan secara online, Hidayat Lamakarate berharap program penginputan data dan sistem transaksi dipermudah agar masyarakat dapat mengakses nya secara cepat.

Dirlantas Polda Sulteng, Kombes Pol. Iwan Setiawan, menambahkan, pelayanan secara on-line diberlakukan sebagai upaya menjawab tuntutan masyarakat terkait pelayanan publik secara cepat.

Karena hal tersebut, maka pihak Korlantas melakukan inovasi dalam sistem pelayanan publik dengan cara online.

Ketua Fraksi Nasdem DPR RI Minta Stakeholder Rehab-Rekon Sulteng Prioritaskan Pemenuhan Hak Huntap

"Dengan sistem online diharapkan dapat memudahkan pelayanan pembayaran, kapan saja tanpa harus datang ke kantor Samsat," ujar Kombes Iwan Setiawan.

Pengembangan Samsat Online Nasional merupakan program prioritas Korlantas Polri dalam hal pelayanan pembayaran PKB, SWDKLLJ dan pengesahan STNK tahunan secara elektronik.

Rapat Tim Pembina Samsat dan Sosialisasi Samsat Online Nasional diikuti 85 orang peserta yang terdiri dari para pimpinan Samsat, UPTD Badan Pendapatan Daerah, Kasatlantas, Pimpinan Perbankan serta pihak terkait lainnya.

(TribunPalu.com/Muhakir Tamrin)

Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved