Penjelasan BMKG Terkait Gempa di Papua dan Maluku Tidak Berpotensi Tsunami

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, menyampaikan perkembangan terkait informasi gempa bumi yang terjadi di Papua dan Maluku.

Penjelasan BMKG Terkait Gempa di Papua dan Maluku Tidak Berpotensi Tsunami
lacity.org
Ilustrasi seismograf gempa bumi. Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, menyampaikan perkembangan terkait informasi gempa bumi yang terjadi di dua wilayah, Papua dan Maluku. 

TRIBUNPALU.COM - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, menyampaikan perkembangan terkait informasi gempa bumi yang terjadi di dua wilayah, Papua dan Maluku.

Ia mengatakan bahwa gempa yang berpusat di Laut Banda dan dirasakan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Perlu kami sampaikan juga informasi mengenai gempa bumi tektonik di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, yaitu tepatnya pusat gempa di Laut Banda, tidak berpotensi tsunami," ujar Dwikorita, di Kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2019).

Dwikorita kemudian menambahkan bahwa gempa bumi tidak hanya terjadi di Maluku saja, tetapi juga wilayah lainnya yakni Papua.

Untuk di kawasan Jayapura, gempa dirasakan dengan skala MMI II-III.

"Guncangan gempa bumi ini, dilaporkan dirasakan di wilayah Jayapura, yaitu dengan skala MMI II-III," jelas Dwikorita.

Sedangkan dua lokasi lain di Papua, yakni Sarmi dan Wamena mengalami skala beragam.

"Dan kemudian di wilayah Sarmi dengan MMI III-IV, artinya ini dirasakan dan juga di wilayah Wamena dengan intensitas skala MMI 2 juga dirasakan," kata Dwikorita.

Perlu diketahui, untuk gempa yang terjadi di Laut Banda, terjadi pada pukul 09.53 WIB di titik koordinat 6,44° LS dan 129,17° BT.

Pusat gempa berada pada 225 km kedalaman laut.

Untuk gempa tersebut, guncangan dirasakan sebesar 7,7 skala richter kemudian turun 7,4 skala richter.

Sementara itu, gempa lainnya terjadi di Papua dengan guncangan sebesar 6,1 skala richter.

Gempa tersebut berada di kedalaman 10 km dan dirasakan di beberapa wilayah di Papua, seperti Jayapura, Wamena dan Sarmi. 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Gempa Papua dan Bengkulu Tidak Berpotensi Tsunami, Ini Penjelasan Kepala BMKG
Penulis: Fitri Wulandari

Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved