Terkini Sulteng

Pelaku Industri Kecil dan Menengah Sulteng Diminta Pemprov Terapkan GMP Guna Jangkau Pasar Nasional

GMP secara luas berfokus dan berakibat pada banyak aspek, baik aspek yang menyangkut pada proses produksi maupun proses operasi.

Pelaku Industri Kecil dan Menengah Sulteng Diminta Pemprov Terapkan GMP Guna Jangkau Pasar Nasional
TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah, melaksanakan kegiatan temu bisnls/promosi produk unggulan Sulawesi Tengah, Kamis (27/6/2019). 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah, melaksanakan kegiatan temu bisnls/promosi produk unggulan Sulawesi Tengah, Kamis (27/6/2019).

Kegiatan memperkenalkan produk lokal itu, sekaligus dirangkaikan dengan kegiatan bimbingan teknis good manufacturing practice (GMP).

GMP merupakan suatu pedoman bagi industri, terutama industri pangan, kosmetik, farmasi dan peralatan medis, untuk meningkatkan mutu hasil produksinya.

Pada kesempatan itu, dihadirkan perwakilan pasar nasional, seperti transmart dan sarinah, dengan harapan bisa menyerap produk lokal Sulteng.

Beberapa produk lokal asli yang diperkenalkan antara lain, hasil olahan kopi, bawang goreng, cokelat, dan lainnya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah, melaksanakan kegiatan temu bisnls/promosi produk unggulan Sulawesi Tengah, Kamis (27/6/2019).
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah, melaksanakan kegiatan temu bisnls/promosi produk unggulan Sulawesi Tengah, Kamis (27/6/2019). (TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin)

Pemerintah Provinsi Sulteng memang mendorong produk lokal bisa merambah pasar nasional bahkan internasional.

Guna mendukung upaya tersebut, kualitas hasil industri perlu ditekankan kepada para pelaku industri kecil dan menengah (IKM).

Siap-siap! Film Bumi Manusia dan Perburuan Bakal Tayang Bareng di Bioskop Tanah Air

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Industri (PPI) Dinas Perindag Sulteng, Bambang Mustanto mengatakan, perkembangan industri pangan yang pesat, menimbulkan masalah berkaitan dengan penyakit yang disebabkan oleh makanan dan menjadi ancaman bagi konsumen.

Salah satu penyebab dari permasalahan tersebut adalah karena terjadi kontaminasi dalam proses produksi.

Maka satu di antara program pemerintah indonesia adalah mensyaratkan industri pangan untuk menerapkan GMP.

Halaman
12
Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved