Review Buku

''Filosofi Teras'', Buku Karya Henry Manampiring yang Kenalkan Filsafat Stoic untuk Kendalikan Diri

Filosofi Teras adalah sebuah buku yang memperkenalkan filsafat Stoic/Stoa dalam Bahasa Indonesia, ditulis dengan gaya bahasa ringan.

''Filosofi Teras'', Buku Karya Henry Manampiring yang Kenalkan Filsafat Stoic untuk Kendalikan Diri
kompas.id
Buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring.

TRIBUNPALU.COM - Sejak pertama kali dijual di toko-toko buku pada (26/11/2018), buku Filosofi Teras: Filsafat Yunani-Romawi Kuno untuk Mental Tangguh Masa Kini berhasil masuk dalam daftar Top 10 buku paling laris.

Dikutip dari website resmi penulis buku Filosofi Teras, henrymanampiring.com, Filosofi Teras alias FT adalah sebuah buku yang memperkenalkan filsafat Stoic/Stoa dalam Bahasa Indonesia.

Buku ini ditulis dengan gaya bahasa ringan tanpa menghilangkan substansi, dan juga dihiasi ilustrasi menarik karya ilustrator muda berbakat Levina Lesmana.

Tak Punya Banyak Uang untuk Belanja? Thrift Shopping Bisa Jadi Solusi, Ini 4 Keuntungannya

Buku FT adalah gabungan penjelasan topik-topik Stoicisme yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, dan sharing pengalaman pribadi mengaplikasikannya dalam kehidupan gw sehari-hari.

Referensi buku ini adalah: tulisan-tulisan klasik karya filsuf Stoa (Epictetus, Seneca, Marcus Aurelius, Musonius Rufus, dan lainnya) yang sudah berusia hampir 2.000 tahun, tulisan kontemporer mengenai Stoicisme (karya Massimo Pigliucci, William Irvine, Donald Robertson, Ryan Holiday, dll), interview dengan beberapa ahli/praktisi, dan pengalaman pribadi.

Sang penulis, Henry Manampiring, menulis buku ini setelah mengenal filsafat Yunani-Romawi kuno.

Semua berawal ketika ia mengalami kegelisahan terhadap pola pikir negatif dalam semua situasi.

Pada pertengahan 2017, Henry Manampiring sadar pribadi pikiran negatifnya itu sudah memengaruhi banyak hubungan, mulai dari dirinya sendiri, rekan kerja, hingga keluarga.

Psikiater mendiagnosa Henry menderita major depressive disorder.

Henry pun terpaksa mengonsumsi obat-obat yang diresepkan.

Halaman
1234
Penulis: Anggia Desty Rahmasari
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved