Palu Hari Ini

Palu Hari Ini: Sekjen Kemenag RI jadi Narasumber Kuliah Tamu Nasional di IAIN Palu

Prof Nur Kholis Setiawan menyampaikan materi tentang pendekatan multidisiplin dan transdisiplin dalam kajian-kajian Islam.

Palu Hari Ini: Sekjen Kemenag RI jadi Narasumber Kuliah Tamu Nasional di IAIN Palu
DOK HUMAS IAIN PALU
Sekjen Kemenag RI, Prof Dr Muhammad Nur Kholis Setiawan, menjadi pembicara utama dalam kuliah tamu nasional IAIN Palu, Rabu (3/7/2019) sore. 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, Prof Dr Muhammad Nur Kholis Setiawan, menjadi pembicara utama dalam kuliah tamu nasional yang di gelar oleh Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Rabu (3/7/2019) sore.

Prof Nur Kholis Setiawan menyampaikan materi tentang pendekatan multidisiplin dan transdisiplin dalam kajian-kajian Islam.

Kuliah tamu nasional itu dihadiri oleh pejabat dan dosen serta mahasiswa S2 dan S3 di lingkungan kampus IAIN Palu.

Dalam materinya, Nur Kholis menjelaskan, prinsip keilmuan Islam memiliki 5 karakter, yaitu keterbukaan, limitasi atau batasan-batasan, nalar kritis, moralitas, sains atau pengembangan ilmu.

Palu Hari Ini: Mantan Gubernur Sulteng yang Terjerat Korupsi Masuk dalam Daftar Remisi Khusus Gempa

Lanjutnya, dalam kajian studi ke-Islaman, kiblat dari studi itu bukan berada di dunia bagian barat (eropa dan amerika), melainkan di timur.

"Salah, bila kajian keislaman dan pengembangan keislaman berkiblat ke barat. Karena sumber yang kita miliki dari timur tidak tertandingi," sebut Nur Kholis.

Dia memberikan gambaran bahwa keilmuan keislaman tidak terlepas dari tokoh-tokoh atau ulama-ulama sebelumnya dalam kajian-kajian studi tersebut.

Ulama, sebut dia, memberikan budaya menulis yang sangat baik. Ulama-ulama sebelumnya, kata dia, memiliki budaya dan kemampuan menulis dan sedikit berbicara atau ceramah.

Hal itu sebagai bentuk warisan atas karya keilmuan untuk generasi sesudah ulama-ulama tersebut.

Kemudian, keilmuan keislaman juga mengajarkan tentang rendah hati, moralitas dan intelektual.

Prakiraan Cuaca di Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Utara, Kamis (4/7/2019), Palu Hujan

Halaman
12
Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved