Kasus Mafia Bola, Johar Lin Eng dan Mbah Putih Divonis Bersalah

Kasus Mafia Bola, Johar Lin Eng divonis 1 tahun 9 bulan sedangkan Mbah Putih Divonis 1 tahun 4 bulan

Kasus Mafia Bola, Johar Lin Eng dan Mbah Putih Divonis Bersalah
Kompas.com/Fadlan Mukhtar Zain
Dwi Irianto alias Mbah Putih (kiri) keluar ruang sidang seusai sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis (11/7/2019). 

TRIBUNPALU.COM - Ketua PSSI Jawa Tengah Johar Lin Eng divonis penjara 1 tahun sembilan bulan dalam sidang kasus mafia bola dengan agenda pembacaan putusan di Pengadilan Negeri (PN) Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis (11/7/2019).

Dalam sidang di Ruang Kartika yang dipimpin Hakim Rudito Surotomo, terdakwa terbukti melanggar Pasal 378 KUHP jo Pasal 55 Ayat 1 KUHP dan Pasal 2 UU Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap.

"Terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan dan suap sebagaimana dakwaan kesatu. Menjatuhkan hukuman penjara selama 1 tahun 9 bulan," kata Rudito.

Unggah Foto Bersama Annisa, Aliya Rajasa: 40 Hari Tanpa Ani Yudhoyono, Doa Kami Selalu untuk Memo

Putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut hukuman penjara selama 2 tahun.

Dalam persidangan terdakwa terbukti menerima uang sebanyak Rp 200 juta dari terdakwa Priyanto alias Mbah Pri yang menjadi Komite Wasit PSSI Jateng. Uang tersebut digunakan untuk mengkondisikan perangkat pertandingan seperti wasit.

Sementara itu, terdakwa Dwi Irianto alias Mbah Putih, anggota Komisi Disiplin PSSI divonis hukuman penjara 1 tahun 4 bulan dalam sidang yang dipimpin hakim Heddy Bellyandi di Ruang Cakra.

Michael Essien Ikut Doakan Kiper Persib untuk Cepat Sembuh dari Cedera

Terdakwa terbukti melanggar Pasal 2 UU Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap. Putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut hukuman penjara selama 1 tahun 6 bulan.

Mbah putih terbukti menerima uang sebanyak Rp 61 juta dari Mbah Pri dalam beberapa tahap. Uang tersebut diterima sebagai imbalan untuk memenangkan Persibara dalam Liga 3 Kabupaten Kediri dan Pasuruan.

Atas putusan tersebut, kedua pengacara terdakwa menyatakan pikir-pikir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus Mafia Bola, Johar Lin Eng dan Mbah Putih Divonis Bersalah"

Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved