Sulteng Hari Ini

Sulteng Hari Ini: Perkuat Keamanan Wilayah Perairan, Polda Sulteng Bangun Mako Polair

Mako Polair Polda Sulteng itu akan mengamankan semua wilayah perairan di wilayah hukum Polda Sulteng.

Sulteng Hari Ini: Perkuat Keamanan Wilayah Perairan, Polda Sulteng Bangun Mako Polair
TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin
Kapolda Sulteng Lukman Wahyu Hariyanto, memimpin langsung pengecoran pertama pembangun Mako Polair Polda Sulteng, Kamis (11/7/2019) siang 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Lukman Wahyu Hariyanto, memulai proses pengecoran pertama pembangunan kembali Markas Komando Direktorat Polisi Perairan Polda Sulteng, Kamis (11/7/2019) siang.

Mako Polair Polda Sulteng itu dibangun di pesisir pantai Desa Wani II, Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala.

Tsunami yang menghantam Teluk Palu termasuk Desa Wani II pada 28 September 2018 lalu membuat bangunan di sekitar lokasi pembangun Mako Polair itu hancur.

Kapolda Sulteng Lukman Wahyu Hariyanto mengatakan, pembangunan kembali Mako Polair Polda Sulteng itu menjadi salah satu prioritas pemerintah pusat untuk penanganan pasca bencana di Provinsi Sulteng.

Palu Hari Ini: Makna dan Arti Rupa Ikon Baru Kota Palu, Tugu Sambulu Gana

Pembangun Mako Polair Polda Sulteng itu menghabiskan anggaran sekutar Rp32 miliar, dan ditargetkan selesai selama masa kerja 180 hari.

"Silahkan membangun, dengan memperhatikan kontruksi yang modern dan hemat energi," ujar Lukman.

Kapolda Sulteng Lukman Wahyu Hariyanto, memimpin langsung pengecoran pertama pembangun Mako Polair Polda Sulteng, Kamis (11/7/2019) siang
Kapolda Sulteng Lukman Wahyu Hariyanto, memimpin langsung pengecoran pertama pembangun Mako Polair Polda Sulteng, Kamis (11/7/2019) siang (TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin)

Dirpolairud Polda Sulteng, Indra Ratana menjelaskan, adapun yang dibangun di lokasi itu ada sejumlah bangunan yakni 1 Mako, 2 rumah dinas, 3 dermaga, 4 talud, 5 asmarama, dan 1 rumah jabatan.

Nantinya, kata Indra Mako Polair Polda Sulteng itu akan mengamankan semua wilayah perairan di wilayah hukum Polda Sulteng.

Wilayah tersebut terdiri dari 11 kabupaten dan 1 kota dengan menyiagakan personil di 10 titik pos penjagaan Polair Polda Sulteng.

Kasus Penyebaran Berita Palsu, Ratna Sarumpaet Divonis Dua Tahun Penjara

"Karena Kabupaten Sigi, satu-satunya kabupaten tanpa laut di Sulteng, jadi tidak masul cover Polair," tambahnya.

Lanjut Indra, Polisi harus mejadi contoh bagi masyarakat, olehnya, dalam membangun Mako Polair itu pihaknya sudah melakukan konsultasi dengan pihak terkait.

Untuk memastikan bahwa lokasi itu termsusk wilayah aman.

"Pembangun Mako ini sudah mengacu juga pada dokumen zona rawan bencana, dan di sini sudah bukan termasuk zona merah," jelas Indra.

(TribunPalu.com/Muhakir Tamrin)

Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved