Walhi Salurkan Ratusan Paket Perlengkapan Sekolah untuk Warga di Sigi

Ratusan pelajar berkesempatan mendapat seragam serta perlengkapan sekolah dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi).

Walhi Salurkan Ratusan Paket Perlengkapan Sekolah untuk Warga di Sigi
Tribunpalu.com/Abdul Humul Faaiz
Ratusan seragam seragam serta peralatan sekolah dibagikan untuk pelajar di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Senin(15/7/2019). 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Wajah sumringah ditunjukkan ratusan pelajar di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Pasalnya, Senin (15/7/2019) sore, mereka berkesempatan mendapat seragam serta perlengkapan sekolah.

Ratusan paket seragam dan perlengkapan sekolah itu merupakan bantuan dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi).

Direktur Eksekutif Walhi Nasional, Nur Hidayati secara langsung hadir untuk menyerahkan 336 paket bantuan tersebut.

"Bantuan yang kami salurkan ini yaitu seragam, serta perlengkapan sekolah lainnya seperti alat tulis," kata Nur Hidayati, usai menyalurkan bantuan.

Walhi: Konflik Agraria di Sulteng Akibat Kepentingan Pangan Tak Jadi Prioritas dalam Pembangunan

Direktur Eksekutif Walhi Nasional, Nur Hidayati saat menyerahkan bantuan seragam sekolah di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Senin(15/7/2019).
Direktur Eksekutif Walhi Nasional, Nur Hidayati saat menyerahkan bantuan seragam sekolah di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Senin(15/7/2019). (Tribunpalu.com/Abdul Humul Faaiz)

Nur Hidayati menyebut, bantuan yang disalurkan untuk semua jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP hingga SMA.

Penyaluran bantuan tersebut merupakan bagian dari kerja-kerja Walhi, selama delapan bulan terakhir di Desa Rogo pasca-bencana.

"Sejak awal memang kami sudah masuk di desa ini (Rogo) untuk melakukan respon awal terhadap bencana," ungkap Nur Hidayati.

Saat ini, kata dia, di Desa Rogo, Walhi punya program berkelanjutan sebagai upaya pemulihan ekonomi warga pasca-bencana.

Direncanakan, Walhi akan menambah masa tugas di desa Rogo hingga April 2020 mendatang.

Sulteng Hari Ini: Walhi Sebut Ranperda RTRW Sulteng Jauh Dari Kedaulatan Pangan

"Sesuai target, tadi juga Direktur Walhi Sulteng menyampaikan bahwa kemungkinan sampai tahun depan mereka di desa ini," jelasnya.

Meski Walhi selama ini terus melakukan pendampingan terhadap warga di desa itu, namun tidak semua bisa dilakukan oleh Walhi.

Karena untuk melakukan pemulihan total perlu dukungan dari pemerintah, terutama pemerintah kabupaten dan provinsi.

Walhi sendiri, tegas Nur Hidayati, hanya mencoba memfasilitasi proses-proses pemulihan sesuai dengan keinginan warga secara parsitipatif.

"Yang jelas untuk infrastruktur yang lebih besar adalah tugas dari pemerintah," pungkasnya. (Tribunpalu.com/Abdul Humul Faaiz)

Penulis: Faiz Sengka
Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved