Sulteng Hari Ini

Banjir Rendam Kabupaten Banggai, BPBD Sulteng Belum Bisa Pastikan Jumlah Korban dan Kerusakan

BPBD Sulteng saat ini sudah bersiaga untuk berangkat ke titik banjir di Kabupaten Banggai, jika BPBD Banggai butuh bantuan.

Banjir Rendam Kabupaten Banggai, BPBD Sulteng Belum Bisa Pastikan Jumlah Korban dan Kerusakan
TribunPalu.com/Muhakir Tamrin
Kepala BPBD Provinsi Sulawesi Tengah, Bartholomeus Tandigala 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah, Bartholomeus Tandigala, mengaku sampai Kamis (18/7/2019) sore, belum bisa memastikan jumlah korban dan kerusakan dampak banjir di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulteng.

Bartho, sapaanya, menegaskan bahwa pihaknya belum menerima laporan dari BPBD Kabupaten Banggai, terkait dampak masif yang diakibatkan banjir bandang di sejumlah desa di Kecamatan Moling dan Kecamatan Batui Selatan.

"Belum dapat informasi pasti jumlah kerugian dari dampak banjir, saya juga tidak berani bicara kalau tidak ada data pasti," kata Bartho.

Meski begitu, BPBD Sulteng saat ini sudah bersiaga untuk berangkat ke titik banjir di Kabupaten Banggai, jika BPBD Banggai butuh bantuan.

Diguyur Hujan Deras, 11 Desa di Banggai Terendam Banjir Bandang

Personel, peralatan, dan logistik sudah disiapkan untuk berangkat kapan saja dibutuhkan.

"Jadi kalau ada permintaan dari Banggai, bisa langsung berangkat, karena selama belum ada permintaan bantuan, berarti BPBD setempat masih sanggup menangangi," jelas Bartho.

Tim rescue mengevakuasi korban banjir di Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai, Sulteng, Kamis (18/7/2019).
Tim rescue mengevakuasi korban banjir di Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai, Sulteng, Kamis (18/7/2019). (DOK BASARNAS PALU)

Diberitakan sebelumnya, hujan deras yang mengguyur semalaman mengakibatkan banjir di Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengan, dan sekitarnya, Kamis (18/7/2019).

Banjir setinggi kepala orang dewasa itu menyebabkan akses putus ke sejumlah daerah dan membuat warga terisolir.

Hujan Deras Sebabkan Banjir di Kabupaten Banggai, Dua Kecamatan Terendam

Sejumlah warga di titik banjir dievakuasi dan mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Berdasarkan hasil rapat pemerintah setempat, terdapat delapan desa yang dilanda banjir di Kecamatan Moilong.

Antara lain, Desa Mulyo Harjo dengan jumlah warga sebanyak 500 KK, Desa Arga Kencana berjumlah 70 KK, Desa Kayuku, Desa Karang Anyer, Desa Sido Makmur, Desa Slamet Harjo, Desa Saluan dan Desa Toili, sementara 5 dusun belum ketahui jumlah korban.

Untuk Kecamatan Batui Selatan terdapat 3 Desa yakni Desa Ombolu, Desa Sukamaju dan Desa Sukamaju I yang masing masing jumlah penduduk sebanyak 300 KK.

"Untuk posko bantuan terpusat di 3 tempat masing-masing di Desa Mulyoharjo (masjid desa,red) Kecamatan Moilong, Desa Karang Anyer Unit I (masjid desa) Kecamatan Moilong dan untuk kecamatan Batui Selatan di kantor Camat," jelas Kepala BPBD Kabupaten Banggai, Rensly Saajad. (TribunPalu.com/Muhakir Tamrin)

Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved