Terkini Sulteng

Gencar Perangi Plastik, Susi Pudjiastuti Puji Gerakan 'Pinasa' Nelayan Luwuk: Pia Na Sampah, Ala!

Sedang kunjungan kerja di Banggai, Susi Pudjiastuti Puji gerakan moral 'Pinasa' nelayan Luwuk: Pia Na Sampah, Ala! yang berarti 'Lihat sampah, Ambil!'

Gencar Perangi Plastik, Susi Pudjiastuti Puji Gerakan 'Pinasa' Nelayan Luwuk: Pia Na Sampah, Ala!
DOK. Kementerian Kelautan dan Perikanan
Menteri Susi Pudjiastuti melakukan kunjungan kerja di Banggai pada Kamis (25/7/2019). 

TRIBUNPALU.COM - Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah menjadi salah satu wilayah yang menjadi tujuan kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Sebab, Kabupaten Banggai memiliki laut yang sangat berpotensi untuk dikembangkan, baik dari segi perikanan maupun sektor pariwisata pemandangan bawah lautnya.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Susi Pudjiastuti menggelar pertemuan dengan nelayan setempat di aula Hotel Estrella, Kamis (25/7/2019).

Tak sendirian, menteri nyentrik ini menggandeng Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Zulficar Mochtar, Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Brahmantya Satyamurti Poerwadi, Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Rina, dan Plt. Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Agus Suherman untuk menemui para nelayan Banggai.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Zulficar Mochtar, Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Brahmantya Satyamurti Poerwadi, Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Rina, dan Plt. Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Agus Suherman.

Susi Pudjiastuti Ikut Kampanyekan Gerakan Anti Plastik di CFD Jakarta

Mengawali sambutannya, menteri yang sedang gencar memerangi sampah ini menyampaikan apresiasi atas kondisi Perairan Luwuk yang bebas dari sampah.

Selain apresiasi, Susi Pudjiastuti juga memberikan pujian terkait filosofi yang dijadikan pedoman gerakan moral oleh nelayan Luwuk.

Gerakan moral tersebut adalah 'Pinasa' yang merupakan singkatan dari 'Pia Na Sampah, Ala!' atau dalam bahasa Indonesia berarti, 'Lihat Sampah, Ambil!'

"Saya senang dengan lautnya Luwuk Banggai ini luar biasa. Mudah-mudahan besok saya turun ke laut, nanti sore juga sama bersihnya. Saya percaya dengan filosofi "Pinasa" (Pia Na Sampah, Ala/Lihat Sampah, Ambil), Luwuk ini pasti akan terjaga. Ini filosofi dan semboyan yang luar biasa. Liat sampah, pungut. Biasakan kita hidup peduli dengan lingkungan kita," tutur Susi Pudjiastuti.

Gerakan moral 'Pinasa' ini sedang digencarkan di Kabupaten Banggai dan telah menjadi tagline atau semboyan yang dipakai Kabupaten Banggai dalam tujuan Luwuk sebagai kota Adipura.

Halaman
1234
Penulis: Isti Tri Prasetyo
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved