Breaking News:

Durasi Bumi Manusia Bakal Samai Durasi Film Avengers: Endgame, Ini Kata Hanung

Film besutan sutradara Hanung Bramantyo ini bahkan disebut berdurasi sama dengan film superhero keluaran Marvel Studio Avengers: Endgame, yakni 3 jam

INSTAGRAM @hanungbramantyo
Official trailer 'Bumi Manusia' telah dirilis. 

TRIBUNPALU.COM - Bukan hanya karena diadaptasi dari salah satu novel terlaris mahakarya Pramoedya Ananta Toer, film Bumi Manusia juga menjadi pembicaraan lantaran durasinya.

Film besutan sutradara Hanung Bramantyo ini bahkan disebut berdurasi sama dengan film superhero keluaran Marvel Studio Avengers: Endgame, yakni tiga jam.

Dengan durasi tersebut, Bumi Manusia otomatis akan menjadi salah satu film terpanjang yang diproduksi oleh sineas Tanah Air.

Hanung Bramantyo pun memberikan jawaban bagaimana ia bisa mengemasnya dengan durasi sepanjang itu.

Link Live Streaming Semifinal Japan Open 2019: Laga Hafiz/Gloria vs Praveen/Melati Pukul 12.30 WIB

Menurut Hanung, kunci dari durasi tersebut adalah karena kegeniusan Pramoedya dalam menulis sebuah novel.

"Pak Pram itu saya enggak tahu belajar darimana jadi penulis, saya baca novel Bumi Manusia, ternyata Pak Pram sudah menggunakan struktur Tiga Babak, yang di gunakan semua media," ucap Hanung saat berkunjung ke Kompas.com, Selasa (23/7/2019) lalu.

Lantaran format tiga babak itu, Hanung menjadi mudah untuk mengupas semua alur cerita ke dalam film tanpa harus membuat ada bagian yang terpotong.

"Itu memudahkan kami untuk mengupas, beda dengan novelis sekarang mereka itu curhat, akhirnya banyak yang di adaptasi ke film kita kesulitan," ucapnya.

Kemensos Terjunkan Tagana Bantu Evakuasi Warga yang Kena Erupsi Gunung Tangkuban Parahu

"Dan strukturnya sudah digambar sama Pak pram, saya tinggal mengadopsi. Saya enggak tahu novelis zaman dulu nulisnya gimana," sambungnya.

Hanung mengatakan, novel Bumi Manusia memenuhi semua unsur yang membuat mudah diangkat ke sebuah film, yakni inciting incidentdent, twist, dan false victory.

Halaman
12
Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved