Alami Gangguan Teknis, 90 Pelayar di Perairan Kendari Dievakuasi

90 orang pelayar yang terdiri dari penumpang dan kru kapal di kapal KM.Ilham yang mengalami gangguan teknis telah berhasil dievakuasi.

Alami Gangguan Teknis, 90 Pelayar di Perairan Kendari Dievakuasi
Dok Kemenhub
Proses evakuasi KM Ilham 

TRIBUNPALU.COM - 90 orang pelayar yang terdiri dari penumpang dan kru kapal di kapal KM.Ilham yang mengalami gangguan teknis telah berhasil dievakuasi.

Evakuasi tersebut dilakukan oleh kapal sea and coast guard KNP 370 milik Kantor KSOP Kelas II Kendari Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan di perairan Laonti, Sulawesi Tenggara.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Ahmad mengatakan, tim reaksi cepat dari KSOP Kelas II Kendari langsung mengerahkan kapal sea and coast guard KNP 370 setelah mendapatkan informasi dari Stasiun Radio Pantai (SROP) Kendari.

Lionel Messi Pidato Sebelum Laga, Barcelona Kalahkan Arsenal dan Raih Gelar Joan Gamper Trophy

"Tim reaksi cepat dari KSOP kelas II Kendari, Basarnas Kendari, dan Polair langsung melakukan aksi penyelamatan usai mendapat informasi dari stasiun radio pantai bahwa adanya kapal penumpang yang mengalami gangguan dan membutuhkan pertolongan," kata Ahmad dalam keterangan tertulis, Senin (5/8/2019).

Ahmad menceritakan, awal mula kejadian tersebut terjadi saat kapal KM Ilham bertolak menuju Kendari dari Laonti Kabupaten Konawe.

Kemudian, pukul 13.00 WITA kapal mengalami gangguan.

"Kapal KM Ilham bertolak dari Laonti Kabupaten Konawe Kepulauan menuju Kendari tanggal 5 Agustus 2019. Ditengah pelayarannya, pukul 13.00 WITA pada titik Koordinat (DMM) 41 06.6128 LT dan (DMM) 122 41.4627 BS, kapal KM Ilham mengalami gangguan pada sistem penggerak sehingga kapal tidak bisa melanjutkan pelayarannya," ujar Ahmad.

Saat itu, kata Ahmad, KM. Ilham berjarak 20 nautical mile dari pelabuhan Kendari dan terombang-ambing di tengah laut.

Saat mendapat informasi, KSOP Kendari langsung mengerahkan 1 kapal patroli.

20 Huntara Bantuan Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas di Sigi Terbakar Minggu Sore

“Setelah kami mengerahkan 1 kapal patroli KNP 370 dan pada pukul 16.30 WITA, kapal patroli berhasil menemukan KM. Ilham di perairan Laonti. Sebanyak 73 orang dievakuasi oleh kapal patroli KNP. 370, 15 orang diangkut dengan kapal Polair yang langsung dibawa ke Kendari dan 2 orang ABK masih di berada di kapal KM Ilham," jelas Ahmad.

Akhirnya, seluruh awak berhasil dievakuasi oleh kapal patroli tanpa ada korban jiwa.

Ahmad pun mengapresiasi seluruh petugas SROP Kendari dan tim reaksi cepat KSOP Kendari, khususnya petugas kapal KNP 370.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alami Gangguan Teknis, 90 Pelayar di Perairan Sulteng Dievakuasi"

Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved