Perkara Caleg Foto Cantik Diputus MK hari Ini Berbarengan dengan 55 Gugatan Pileg Lainnya

Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang hari terakhir pembacaan putusan sengketa hasil pemilu legislatif, Jumat (9/8/2019).

Perkara Caleg Foto Cantik Diputus MK hari Ini Berbarengan dengan 55 Gugatan Pileg Lainnya
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Suasana sidang perdana sengketa pilpres 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (14/6/2019). 

TRIBUNPALU.COM - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang hari terakhir pembacaan putusan sengketa hasil pemilu legislatif, Jumat (9/8/2019).

Hari ini, Mahkamah akan membacakan putusan atas 55 perkara.

"Hari ini sidang terakhir berupa pengucapan putusan," kata Ketua MK Anwar Usman saat membuka persidangan di Gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat.

Ramalan Zodiak Sabtu 10 Agustus 2019, Diet yang Dilakukan Pisces Mulai Menunjukkan Hasil

55 perkara yang akan dibacakan putusannya pada hari ini dimohonkan oleh berbagai partai politik dan individu dari sejumlah daerah pemilihan di tingkat DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Ke-55 perkara itu meliputi Provinsi, yaitu Sumatra Utara, Kalimantan Utara, Bangka Belitung, Sumatra Barat, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, dan Papua.

Dari 55 gugatan, salah satu yang akan dibacakan putusannya adalah yang dimohonkan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Nusa Tenggara Barat, Farouk Muhammad.

Aturan Blokir IMEI Perangkat Ilegal Tak Berlaku untuk Laptop

Farouk menggugat pesaingnya yang juga maju di Dapil NTB, Evi Apita Maya. Farouk menuding, Evi telah melakukan manipulasi lantaran mengedit foto pencalonannya melewati batas kewajaran.

"Dilakukan satu tindakan berlaku tidak jujur bahwa calon anggota DPD RI dengan nomor urut 26 atas nama Evi Apita Maya diduga telah melakukan manipulasi atau melakukan pengeditan terhadap pas foto di luar batas kewajaran," kata Kuasa Hukum Farouk, Happy Hayati, kepada Majelis Hakim di Gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2019).

Jadwal Liga Inggris Pekan Pertama, Dibuka Liverpool Vs Norwich, Ditutup MU vs Chelsea Minggu Malam

Hingga sidang pembacaan putusan hari ketiga, total 205 perkara sudah dibacakan.

Dari angka tersebut, 9 permohonan dikabulkan, 65 ditolak, 90 tidak dapat diterima, 31 gugur, dan 10 permohonan ditarik kembali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MK Putuskan 55 Gugatan Pileg Hari Ini, Salah Satunya Perkara Caleg Foto Cantik

Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved