Breaking News:

Sulteng Hari Ini

Dirjen IKMA RI Buka Kegiatan Revitalisasi Industri Menengah Pascabencana di Provinsi Sulawesi Tengah

Program ini dilaksanakan untuk meningkatkan perekonomian para pelaku usaha baru di Sulawesi Tengah pascabencana

Tribunpalu.com/Abdul Humul Faaiz
Direktur Jenderal IKMA Kementerian Perindustrian RI, Gati Wibawaningsih saat membuka kegiatan Revitalisasi IKM pascabencana di Hotel Best Western Kota Palu, Selasa (20/8/2019). 

Dirjen IKMA RI Buka Kegiatan Revitalisasi Industri Menengah Pascabencana di Provinsi Sulawesi Tengah

TRIBUNPALU.COM, PALU - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA) berupaya mendorong tumbuhnya wirausaha baru industri kecil dan menengah (Wub IKM) pascabencana di Sulawesi Tengah.

Upaya tersebut dilakukan dengan menggelar kegiatan Revitalisasi IKM untuk pelaku usaha baru di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala.

Kegiatan yang digelar di Hotel Best Western Kota Palu, Selasa (20/8/2019) dibuka oleh Direktur Jenderal IKMA Kementerian Perindustrian RI, Gati Wibawaningsih.

Program ini dilaksanakan untuk meningkatkan perekonomian para pelaku usaha baru di Sulawesi Tengah pascabencana melalui peningkatan etos kerja, produktivitas, kreativitas, dan inovasi.

Staf Khusus Presiden Jokowi Minta Polisi Tangkap Pelaku Persekusi Rasis di Asrama Papua Surabaya

"Upaya yang dilakukan melalui pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis untuk meningkatkan kemampuan SDM dalam berwirausaha," kata Gati Wibawaningsih.

Gati menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Ditjen IKMA untuk merevitalisasi kegiatan IKM di daerah terdampak bencana pada 28 September 2018 silam.

"Bencana menyebabkan kerugian ekonomi dalam skala cukup besar dan juga menyusutkan kapasitas produksi yang berakibat pada kerugian finansial," jelasnya.

Menurut Gati, pertumbuhan pembangunan juga mengalami kemunduran.

Itulah kenapa sejak masa tanggap darurat hingga saat ini, Kementerian Perindustrian bersama Pemerintah Daerah telah menyalurkan bantuan untuk meringankan beban korban dengan merevitalisasi industri kecil dan menengah yang terkena dampak bencana alam.

"Saya berharap dengan sinergi yang dibangun antara Kementerian Perindustrian dengan segenap Dinas yang membawahi sektor Industri di Provinsi Sulawesi Tengah dapat mengakselerasi peningkatan jumlah wirausaha industri baru," pungkas Gati.

(Tribunpalu.com/Abdul Humul Faaiz).

Penulis: Faiz Sengka
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved