Ibu Kota Baru

Bos Bank BCA Enggan Pindahkan Kantor Pusat dari Jakarta ke Ibu Kota Baru

“Tidak ada rencana(pindah) dari kami, karena bisnis utama kami menyasar swasta bukan ke pemerintahan. Jadi kantor pusat akan tetap berada di Jakarta,”

Bos Bank BCA Enggan Pindahkan Kantor Pusat dari Jakarta ke Ibu Kota Baru
Tribunnews/Herudin
ilustrasi bank BCA 

TRIBUNPALU.COM - Pemerintah telah menetapkan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sebagai Ibukota baru Indonesia. Meski demikian, Presiden Joko Widodo menyatakan pusat bisnis dan keuangan nasional akan tetap berada di Jakarta.

Hal ini pula yang membuat Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA, anggota indeks Kompas100) Jahja Setiatmadja tak berminat memindahkan kantor pusat perseroan ke ibukota baru tersebut.

“Tidak ada rencana dari kami, karena bisnis utama kami menyasar swasta bukan ke pemerintahan. Jadi kantor pusat akan tetap berada di Jakarta,” katanya kepada Kontan.co.id, Selasa (27/8).

Alasan lain yang disebutkan Jahja, karena perseroan di Kalimantan Timur sejatinya masih minim. Meskipun ia tak merincinya.

Belum Ada Rencana Rilis Rokok Elektrik, Gudang Garam Masih Pantau Pasar Produk Vape di Tanah Air

Anggap Waktu Pemindahan Ibukota Tak Tepat, PAN: Ekonomi sedang Melambat, Cangkul Saja Masih Impor

Dari catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kalimantan timur sejatinya memiliki potensi industri perbankan yang mumpuni. Bahkan, Kalimantan Timur paling unggul dibandingkan provinsi lain di Kalimantan.

Terutama terkait kegiatan penghimpunan dana pihak ketiga, Kalimantan Timur berada di posisi delapan besar berada di bawah enam provinsi di Jawa, dan satu provinsi di Sumatera yaitu Sumatera Utara.

Pada Juni 2019, Industri perbankan di Kalimantan Timur berhasil menghimpun total DPK senilai Rp 106,60 triliun. Capaian tersebut tumbuh 15,96% (yoy) dibandingkan Juni 2018 sebesar Rp 91,93 triliun.

Sementara penyaluran kreditnya tumbuh 4,07% (yoy) dari Rp 70,61 triliun pada Juni 2018 menjadi Rp 73,48 triliun pada Juni 2019.

Sayangnya, industri perbankan tanah air nampaknya memang kurang menggelar ekspansi di Kalimantan Timur. Ini terlihat dari jumlah kantor cabang bank di Kalimantan Timur yang stagnan berjumlah 114 kantor sejak 2015 hingga saat ini.

Artikel ini sudah ditayangkan di Kontan dengan judul Bos BCA tak minat pindahkan kantor pusat ke ibukota baru

Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved