Sulteng Hari Ini

Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Dibentuk, Kongres Pertama Digelar di Sigi September Mendatang

Melaui forum PRB, pihak yang terlibat diharapkan untuk dapat berpartisipasi aktif dalam kongres pertama bertema Menuju Sigi Tangguh pada 4 September

Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Dibentuk, Kongres Pertama Digelar di Sigi September Mendatang
Dok. ROA Sulteng
Tim persiapan kongres pertama bertema Menuju Sigi Tangguh 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Saat ini sejumlah pihak tengah melakukan persiapan untuk membentuk forum pengurangan risiko bencana (PRB) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Melaui forum PRB, pihak yang terlibat diharapkan untuk dapat berpartisipasi aktif dalam kongres pertama bertema Menuju Sigi Tangguh pada 4 September 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan Asrul Repadjori selaku tim persiapan Forum PRB Kabupaten Sigi, Selasa (27/8/2019).

"Forum PRB sebagai suatu paguyuban pemangku kepentingan dalam mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh bencana," ujarnya.

Asrul menambahkan, Forum PRB bertujuan untuk membangun rasa kesatuan serta tanggung jawab bersama.

BMKG Catat Gempa Bumi Magnitudo 4,5 Terjadi di Nias pada Selasa, 27 Agustus 2019 Siang

"Sehingga, dapat mengkoordinasikan program-program pengurangan risiko bencana melalui berbagai aspek yang dibangun melalui proses inklusif yang melibatkan semua pihak," kata Kepala BPBD Sigi itu.

Sementara itu Akademisi Universitas Tadulako, Rustam Efendi menjelaskan, pembentukan Forum PRB Daerah diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2008.

Dalam UU tersebut, disebutkan tentang tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana pasal 8 yang mendorong pelibatan forum dalam penyusunan Rencana Aksi Daerah Pengurangan Riskio Bencana (RAD-PRB).

“Didalamnya diatur bahwa anggota forum ini meliputi unsur dari dari pemerintah, masyarakat sipil, akademisi, lembaga usaha, media, dan komunitas internasional," paparnya.

Lebih lanjut kata dia, pembentukkan Forum Pengurangan Risiko Bencana Sigi diharapkan dapat mendorong serta memfasilitasi kerjasama dalam upaya pengurangan risiko bencana di Kabupaten Sigi.

"Tentu forum ini mewadahi semua kepentingan terkait kebencanaan serta membantu menyelaraskan berbagai kebijakan, program dan kegiatan PRB di tingkat Kabupaten Sigi," terangnya.

33 Pejabat Administrator di Pemprov Sulteng Ikut Diklat Kepemimpinan Tingkat III

Halaman
12
Penulis: Faiz Sengka
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved