Ketua Umum PP Muhammadiyah Hadiri Groundbreaking RS Siti Fadilah Muhammadiyah Palu

Pembangunan kembali RS Siti Fadilah Supari PKU Muhammadiyah Palu itu, merupakan dukungan Muhammadiyah dalam rehabilitasi dan rekonstruksi pasca-bencan

Ketua Umum PP Muhammadiyah Hadiri Groundbreaking RS Siti Fadilah Muhammadiyah Palu
TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin
Peletakan baru pertama pembangunan RS Siti Fadilah Supari PKU Muhammadiyah Palu, Minggu (1/9/2019) siang. 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, menghadiri peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan RS Siti Fadilah Supari PKU Muhammadiyah Palu, Minggu (1/9/2019) siang.

Pembangunan kembali RS Siti Fadilah Supari PKU Muhammadiyah Palu itu, merupakan dukungan Muhammadiyah dalam rehabilitasi dan rekonstruksi pasca-bencana di Kota Palu, Sogi, dan Donggala di Provinsi Sulawesi Tengah.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar mengatakan, Muhammadiyah hadir dengan cepat di Palu, Sigi, dan Donggala bersama Tim Tanggap Darurat yang terdiri dari SAR, Medis, dan Psikososial.

Muhammadiyah berkomitmen menuntaskan permasalahan bencana bahkan hingga program pemulihan sampai tahun 2020.

"Hal itu dilakukan dengan Tim Rehabilitasi dan Rekonstruksi (TRR) yang bekerja sama dengan berbagai mitra, baik dalam maupun luar negeri," jelas Haedar.

Menurutnya, Muhammadiyah juga melihat kejadian bencana sebagai peluang memasukkan nilai-nilai kehidupan yg lebih baik.

Yakni dengan pengembangan fasilitas layanan amal usaha Muhammadiyah di bidang kesehatan untuk umum di RS Siti Fadhillah Supari PKU Muhammadiyah Palu dan pembangunan TK ABA, kampus Universitas Muhammadiyah Palu, dan masjid milik Muhammadiyah.

Selain itu, pihaknya juga membantu korban bencana dengan membangun 9 unit sekolah di Palu, Sigi, dan Donggala, dan 6 unit bantuan pembangunan layanan terpadu di Palu, Sigi, dan Donggala.

Serta pembangunan 312 unit huntara di daerah terdampak bencana, serta memberikan bantuan pemberdayaan masyarakat di Desa Dolo Kec. Parigi Moutong.

"Kita juga ada pemulihan usaha mikro terdampak di 10 desa di Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala," terangnya.

Kehadiran Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir di Kota Palu itu, turut didampingi Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini.

Selain di Kota Palu, keduanya juga menyempatkan diri mengunjungi korban terdampak bencana di Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi.

(TribunPalu.com/Muhakir Tamrin)

Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Imam Saputro
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved