Terima Bantuan Kapal dan Mesin, Nelayan Korban Bencana di Kecamatan Sirenja Kembali Melaut

Ratusan nelayan korban bencana di Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, kembali melaut pasca menerima bantuan alat tangkap

Terima Bantuan Kapal dan Mesin, Nelayan Korban Bencana di Kecamatan Sirenja Kembali Melaut
TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin
Roni, warga Desa Balentuma, Kecamatan Sirenja, penerima bantuan perahu dan mesin dari MDMC, baru saja pulang melaut, Minggu (1/9/2019) siang. 

TRIBUNPALU.COM, DONGGALA - Ratusan nelayan korban bencana di Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, kembali melaut pasca menerima bantuan alat tangkap ikan dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

Alat tangkap ikan itu, berupa perahu, mesin perahu, kail dan jala.

Setidaknya, ada 188 perahu dan 250 mesin perahu yang diserahkan secara simbolis oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir ke nelayan setempat, Sabtu (31/8/2019).

Salah seorang penerima manfaat, Roni, warga Desa Balentuma, Kecamatan Sirenja, mengatakan, dirinya sangat bersyukur mendapat bantuan dari Muhammadiyah tersebut.

Baru Satu Bulan Bebas Dari Penjara, Pria di Palu Ini Diamankan Karena Menjabret Lagi

Nelayan yang kehilangan alat tangkap ikan karena tsunami 28 September 2018 itu, mendapat bantuan perahu dan mesin perahu pada awal Mei 2019.

Sejak menggunakan perahu itu, hasil tangkapan Roni mencapai Rp200-300 ribu per hari.

"Sebelumnya hanya pakai perahu dayung, mancing hanya di pinggir pantai, jadi penghasil lebih sedikit," kata Roni saat dihubungi, Minggu (1/9/2019) siang.

Sebelum menerima bantuan perahu, Roni yang kehilangan perahu dan alat tangkap ikan set itu, bekerja sebagai pencari buah kelapa yang jatuh dari pohon.

" Kelapa itu kita olah jadi kopra baru dijual untuk mendapatkan uang sehari-hari," terangnya.

Kapal KM Rahmat Pantura Karam di Wakatobi, 15 Penumpang Selamat

Sebelumnya, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, program itu diperuntukkan buat masyarakat terdampak langsung bencana di Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala tersebut.

Halaman
12
Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Imam Saputro
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved