Sulteng Hari Ini

Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng dengan DPL Sepakati Kerjasama Konservasi di Perairan Balantak

Kelompok Daerah Perlindungan Laut dan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tengah, sepakat bekerjasama dalam program konservasi Key Biodiversity

Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng dengan DPL Sepakati Kerjasama Konservasi di Perairan Balantak
Dok ROA Sulteng
Penandatanganan nota kesepahaman antara Kelompok DPL dan DKP Sulteng, Minggu (1/9/2019) 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Kelompok Daerah Perlindungan Laut (DPL) dan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tengah, sepakat bekerjasama dalam program konservasi Key Biodiversity Area (KBA) Perairan Balantak, Kabupaten Banggai.

Kerja sama dilakukan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman konservasi dalam bingkai pembangunan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan pulau-pulau kecil (RZWP3K) di Sulawesi Tengah.

Direktur Relawan Orang dan Alam (ROA), Mochammad Subarkah, Senin (2/9/219) mengatakan, latar belakang kerjasama tersebut karena wilayah Perairan Balantak memiliki jenis keragaman hayati yang cukup tinggi.

Keragaman biota tersebut di antaranya terdiri dari spesies Penyu, Hiu, serta beberapa jenis terumbu karang, ikan karang, dan lamun.

Walhi Sulteng Menyebut Susahnya Air Bersih Masih Menjadi Masalah Utama di Desa Rogo, Sigi

"Bahkan, di sana (perairan balantak-red) menjadi lintasan ikan paus serta lumba-lumba," sebut pria yang akrab disapa Abal itu.

Keanekaragaman hayati yang tinggi itu kata Abal, juga memiliki kerentanan serta ancaman yang cukup tinggi.

Praktik overfishing dan destructive fishing merupakan ancaman utama bagi keanekaragaman hayati di KBA ini.

Sehingga, pada tahun 2017 hingga 2019, melalui dukungan RIT CEPF Burung Indonesia, ROA telah memfasilitasi perumusan dan penetapan DPL di Kelurahan Talang Batu dan Desa Luok di Kecamatan Balantak.

"Tentunya upaya ini, dilakukan untuk mengurangi tingkat ancaman bagi keanekaragaman hayati di KBA Perairan Balantak," jelas Abal.

Defisit BPJS Kesehatan Diprediksi Capai Rp 77,9 Triliun Pada 2024 Bila Iuran Tak Naik

Lebih lanjut Abal menjelaskan keberadaan dua kelompok DPL tersebut menjadi bagian penting dalam melakukan perlindungan dan pemanfaatan serta pengelolaan wilayah pesisir dan laut yang berkelanjutan.

Halaman
12
Penulis: Faiz Sengka
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved