Terkini Daerah

Pelaku Penipuan Calon Jemaah Haji Asal Pinrang Ditangkap di Bandara saat Mencoba Kabur ke Jakarta

Ahmad ditangkap di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, ketika hendak meninggalkan Sulawesi Selatan, Senin (2/9/2019)

Pelaku Penipuan Calon Jemaah Haji Asal Pinrang Ditangkap di Bandara saat Mencoba Kabur ke Jakarta
KOMPAS.COM
Ilustrasi Penjara 

TRIBUNPALU.COM - Ahmad alias Mad (50) ditangkap Tim Khusus Polda Sulawesi Selatan dan Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar usai diduga melakukan penipuan dengan berkedok ibadah haji.

Ahmad ditangkap di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, ketika hendak meninggalkan Sulawesi Selatan, Senin (2/9/2019) kemarin.

Kanit Timsus Polda Sulsel Ipda Arthenius mengungkapkan bahwa Ahmad diketahui pertama kali melakukan penipuan dan penggelapan setelah salah seorang warga dari Luwu Timur bernama Muliati (56) melaporkannya pada 31 Agustus 2019 lalu.

"Korban mengaku tertipu atas iming-iming pelaku untuk memberangkatkan dirinya beribadah haji di Tanah Suci Mekkah, pada 2017 lewat program haji plus. Dia mengalami kerugian sebesar Rp 336 juta yang dibayarkan secara bertahap," kata Arthenius, Selasa (3/9/2019).

Hasil Taiwan Taipei Open 2019: Gregoria Melangkah ke Babak Kedua

Arthenius mengatakan bahwa korban menyetorkan uang kepada Ahmad dengan cara mengirim ke rekening bank sebanyak empat kali.

Tak hanya mengirim ke rekening Ahmad, korban yang juga merupakan pengusaha perkebunan mengirim biaya haji sebesar Rp 6 juta ke nomor rekening bank milik istri Ahmad, Selvina.

"Korban sempat mananti kabar dari Ahmad, sayang niat baik yang ditunggunya dari pelaku tak kunjung datang, hingga dirinya melaporkan kejadian tersebut di Mapolrestabes Makassar," kata Arthenius.

Menurut polisi, Ahmad berkenalan dengan korbannya sekitar Agustus 2017 lalu.

Saat itu, Ahmad mengaku memiliki bisnis travel di bidang haji dan umrah.

Korban kemudian tergiur dan mengirimkan uang beberapa kali dengan nilai total Rp 366 juta.

Halaman
12
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved