Terkini Nasional

DPR Segera Sahkan RUU Perkawinan, Kini Batas Usia Menikah Secara Legal Menjadi 19 Tahun

DPR dan pemerintah menyepakati perubahan Pasal 7 Ayat 1 dalam RUU tentang Perkawinan terkait ketentuan batas usia menikah laki-laki dan perempuan.

DPR Segera Sahkan RUU Perkawinan, Kini Batas Usia Menikah Secara Legal Menjadi 19 Tahun
freestocks.org on Unsplash via psiloveyou.xyz
Ilustrasi pasangan yang telah menikah. 

TRIBUNPALU.COM - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan mengesahkan Revisi Undang-Undang tentang Perkawinan menjadi Undang-Undang pada rapat paripurna, Senin (16/9/2019).

DPR dan pemerintah menyepakati perubahan Pasal 7 Ayat 1 dalam RUU tentang Perkawinan terkait ketentuan batas usia menikah laki-laki dan perempuan. Dengan demikian, batas usia menikah menjadi 19 tahun.

"Hasil pembahasan tingkat 1 di Baleg menyepakati perubahan pasal 7 yang mengatur tentang usia boleh kawin laki-laki dan perempuan. Disepakati bahwa batasan usia yang dibolehkan melakukan perkawinan antara laki-laki dan perempuan adalah sama usia 19 tahun," kata Wakil Ketua Badan Legislatif (Baleg) Totok Daryanto saat dihubungi wartawan, Senin (16/9/2019).

Presiden Jokowi Tegaskan KPK Tak Mengenal Pengembalian Mandat

Tak Terima Ditilang, Seorang Pria di Cianjur Bakar Sepeda Motornya Sendiri

Totok mengatakan, dispensasi perkawinan di bawah usia 19 tahun harus melalui pengadilan yang diajukan oleh orangtua pihak laki-laki dan perempuan disertai dengan alasan-alasan yang kuat.

Selain itu, dalam memutuskan dispensasi perkawinan, hakim pengadilan harus mempertimbangkan sisi pencegahan perkawinan dini, nilai-nilai agama, budaya, dan adat istiadat setempat.

"Undang-undang ini juga mewajibkan pemerintah agar melakukan sosialisasi dan pendidikan kepada masyarakat tentang berbahayanya perkawinan usia dini ditinjau dari berbagai aspek," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "DPR Akan Sahkan RUU Perkawinan, Batas Usia Perkawinan Jadi 19 Tahun", 

Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved