Terkini Nasional

Kebakaran Hutan dan Lahan 2019, Apa Saja Komentar Para Pejabat dan Tokoh Politik?

TribunPalu.com telah merangkum deretan komentar sejumlah tokoh perihal karhutla 2019 yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan.

Kebakaran Hutan dan Lahan 2019, Apa Saja Komentar Para Pejabat dan Tokoh Politik?
KOMPAS.COM/IDON
Petugas BPBD Riau memadamkan api karhutla di Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, Selasa (17/9/2019). 

TRIBUNPALU.COM - Sejumlah wilayah di Indonesia mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla), khususnya di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan.

Tercatat ada lima provinsi di Indonesia yang mengalami karhutla terparah dari Januari hingga medio September 2019, mengutip laman Kompas.com.

Berdasarkan data per 16 September 2019, luas hutan dan lahan yang terbakar sebesar 328.724 hektare dengan 2.583 titik api.

Lima provinsi dengan karhutla terparah yakni Riau dengan 90 titik api, Kalimantan Tengah 548 titik api, Kalimantan Barat 497 titik api, Sumatera Selatan 472 titik api, dan Jambi 78 titik api.

Kebakaran yang terjadi mengakibatkan bencana kabut asap.

Cari Air untuk Padamkan Karhutla di Riau, Petugas BPBD Kena Tegur dari Beruang

Polisi Tetapkan Manajer PT SISU dan PT SAP Sebagai Tersangka Karhutla di Kalbar

Sehingga kualitas udara yang menjadi tidak sehat atau berbahaya akibat kabut asap juga mengancam kesehatan manusia maupun satwa yang tinggal di hutan-hutan yang terbakar.

Kabut asap karhutla sangat pekat di jalan lintas Riau-Sumatera Barat di perbatasan Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar, Riau, Kamis (12/9/2019).
Kabut asap karhutla sangat pekat di jalan lintas Riau-Sumatera Barat di perbatasan Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar, Riau, Kamis (12/9/2019). (KOMPAS.COM/IDON TANJUNG)

Terkait kasus kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, para pejabat dan tokoh politik pun memberikan tanggapan.

Mulai dari kepala badan atau lembaga terkait, menteri, hingga presiden RI.

Berikut TribunPalu.com telah merangkum deretan komentar sejumlah tokoh perihal karhutla 2019 dari Kompas.com.

1. Kepala BNPB Doni Monardo: "99 persen karhutla akibat ulah manusia, 80 persen lahan terbakar berubah menjadi lahan perkebunan."

Halaman
1234
Penulis: Rizkianingtyas Tiarasari
Editor: Bobby Wiratama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved