Palu Hari Ini

Sebanyak 1.300 IKM Tercatat Kena Dampak Bencana Palu

Setidaknya, ada sebanyak 1.300 lebih industri kecil dan menengah (IKM) di Kota Palu yang terdampak bencana alam gempa bumi

Sebanyak 1.300 IKM Tercatat Kena Dampak Bencana Palu
TRIBUNPALU.COM Muhakir Tamrin
Kepala Seksi Sarana Dan Prasarana Industri Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kota Palu, Syarifudin. 

TRIBUNPALU.COM, PALU -- Setidaknya, ada sebanyak 1.300 lebih industri kecil dan menengah (IKM) di Kota Palu yang terdampak bencana alam gempa bumi, tsunami, dan likuefaksi pada 28 September 2018.

"Itu data yang masuk ke Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Palu," kata Kepala Seksi Sarana Dan Prasarana Industri Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kota Palu, Syarifudin, Sabtu (31/9/2019).

Saat ini pihaknya masih terus melakukan pendataan dan validasi.

Data terakhir lanjut Syarifudin, yang baru saja mereka data by name by Address ada 2 kecamatan, yakni Kecamatan Tawaeli dan Palu Utara.

Sementara untuk Kecamatan lain masih berjalan sesuai data sebelum bencana.

"Ada kategori berbeda ada rusak berat, sedang maupun ringan," terangnya

Syarifudin menjelaskan, saat ini sudah ditangani oleh banyak pihak mulai dari NGO, swasta hingga pemerintah Kota Palu, yakni kurang lebih sebanyak 150 IKM.

Sehingga Kata dia, masih ada sekitar 1.150 IKM yang terdampak bencana belum mendapatkan bantuan di karenakan pihaknya terus mengusahakan data penerima.

"Alhamdulillah, banyak pihak membantu Palu dan untuk penanganannya ada dalam bentuk penggantian alat serta difasilitasi untuk pelatihan kembali, begitu juga lewat Kementerian Perindustrian yang memberikan bantuan sarana peralatan secara langsung kepada beberapa kelompok IKM," tandasnya. (TribunPalu.com/Muhakir Tamrin)

Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved